Disiplin adalah: definisi, tujuan, keuntungan, jenis, contoh

Disiplin-adalah-definisi-tujuan-keuntungan-jenis-contoh

Definisi disiplin
Baca cepat Buka

Disiplin adalah suatu bentuk ketaatan dan ketaatan serta menyelesaikan sesuatu tepat waktu pada waktu tertentu. Dengan kata lain, disiplin berarti mengikuti aturan atau tunduk pada pengawasan dan kontrol. Disiplin adalah sikap yang selalu benar dalam membuat janji agar orang lain percaya, karena modal pengusaha ini adalah mendapatkan kepercayaan dari orang lain.

Disiplin-adalah-definisi-tujuan-keuntungan-jenis-contoh
Pengertian disiplin menurut para ahli

Berikut beberapa pengertian disiplin menurut para ahli, antara lain:
1. Siswanto

Konsep disiplin menurut Siswanto adalah suatu sikap hormat, hormat, ketaatan, ketaatan pada peraturan yang berlaku, baik tertulis maupun tidak tertulis, serta mampu melaksanakannya dan tidak menghindar dari sanksi jika dia yang ditugaskan. dia Tugas dan kekuasaan melanggar dia.
2. James Drever

Menurut James Drever, konsep disiplin adalah kemampuan seseorang untuk mengendalikan perilaku yang berasal dari dalam diri seseorang sesuai dengan hal-hal yang diatur secara eksternal atau norma yang ditetapkan. Dengan kata lain, disiplin psikologis adalah perilaku seseorang yang muncul dan dapat menyesuaikan diri dengan aturan yang telah ditetapkan.
3. Suharsimi Arikunto

Menurut Suharsimi Arikunto, konsep disiplin adalah ditaatinya peraturan atau tata tertib oleh seseorang karena didorong oleh kesadaran yang ada di dalam hatinya tanpa paksaan dari luar.
Baca lebih lanjut: Sumber daya alam

4. Melayu S.P. Hasibuan

Menurut bahasa Melayu S.P. Hasibuan pengertian disiplin adalah kesadaran dan kesediaan masyarakat untuk mentaati segala peraturan perusahaan dan norma sosial yang berlaku.
5. Bejo Siswanto

Menurut Bejo Siswanto, konsep disiplin adalah suatu sikap hormat, hormat, ketaatan dan ketaatan terhadap peraturan yang berlaku, baik tertulis maupun tidak tertulis, serta mampu melaksanakannya dan tidak menghindari sanksi apabila bertindak melawannya Tugas dan wewenangnya. ditugaskan kepadanya melanggarnya.
Tujuan disiplin

Menurut Ellen G White, disiplin memiliki tujuan sebagai berikut:

Pesan sendiri
Taklukkan tekad will
Perbaiki kebiasaan
Mengajarkan hormat kepada orang tua dan Tuhan
Ketaatan pada prinsip
Menghancurkan Benteng Iblis Sementara itu, menurut Emile Durkheim, tujuan disiplin adalah sebagai berikut:
Kembangkan keteraturan dalam tindakan manusia
Untuk memberikan tujuan tertentu dan pada saat yang sama membatasi cakrawala

Keuntungan disiplin

Manfaat disiplin antara lain:

Tumbuh Kepekaan Mereka yang diajarkan disiplin sejak dini akan memiliki kepribadian yang sensitif dan peduli terhadap perasaan orang lain.
Penanaman disiplin caring yang diajarkan kepada anak meliputi anak yang memiliki kepedulian, integritas, dan tanggung jawab, serta yang dapat memecahkan masalah.
Keteraturan mengajar Anak-anak yang diajarkan disiplin memiliki gaya hidup yang teratur dan pandai mengatur waktu.
Menumbuhkan Ketenangan Penelitian menunjukkan bahwa bayi yang jarang menangis lebih memperhatikan sekelilingnya dan mudah berinteraksi dengan orang lain.
Menumbuhkan disiplin percaya diri akan membuat seseorang lebih percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas.
Menumbuhkan kedisiplinan diri juga akan membuat seseorang lebih mandiri dan lebih mampu mengeksplorasi lingkungan sekitarnya.
Perkembangan Otak Pada usia 3 tahun, manusia menjadi peniru yang andal. Dengan mengajarkan disiplin, seseorang akan membantu perkembangan otak dan mengembangkan kebiasaan dan sikap yang positif.
Menumbuhkan Ketaatan Disiplin yang diajarkan sejak dini akan membuat seorang anak patuh pada aturan orang tuanya.
Membantu Anak “Sulit” Anak berkebutuhan khusus perlu belajar disiplin untuk menciptakan ketertiban dan memperbaiki kehidupannya di masa depan.
Pendukung Perkembangan Otak Ketika seorang anak berusia 3 tahun, pertumbuhan otaknya sangat pesat, di sinilah mereka menjadi peniru perilaku yang sangat baik. Dia dapat dengan sempurna meniru perilaku orang tua yang disiplin, dengan sendirinya akan membentuk kebiasaan, serta sikap yang positif.

Baca lebih lanjut: Hewan Vivivar
Disk Disiplin

Berikut adalah beberapa jenis disiplin ilmu, diantaranya sebagai berikut:

1. Disiplin dengan waktu

Setiap orang memiliki waktu yang sama setiap hari, yaitu 24 jam sehari. Meluangkan waktu untuk berbagai kegiatan sehari-hari adalah sesuatu yang harus dilakukan setiap orang.

Bentuk-bentuk disiplin dalam menghadapi waktu, misalnya;

Datanglah tepat waktu jika Anda memiliki janji dengan orang lain.
Bangun pagi dan jangan tidur larut malam.
Bekerja setelah waktu yang ditentukan.
Gunakan waktu untuk kepentingan kesehatan Anda sendiri

 

Lihat Juga :