Status Gunung Tangkuban Perahu Meningkat Menjadi Waspada !!!

Status Gunung Tangkuban Perahu Meningkat Menjadi Waspada !!!
anekatempatwisata.com

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Nasional (PVMBG) dalam laman resminya www.vsi.esdm.go.id , mengubah status gunung tangkuban perahu di Jawa Barat dari Normal menjadi Waspada. Perubahan status ini didasarkan pada aktivitas tangkuban perahu baik aktivitas kegempaan, deformasi maupun visual nya.

 

"Dari hasil pengamatan kegempaan, deformasi dan visual sekitar kawah serta analisis data maka tingkat aktivitas G. Tangkubanparahu terhitung tanggal 31 Desember 2014 pukul 15.00 WIB dinaikan dari Normal (level I) menjadi Waspada (Level II)," demikian kutipan berdasarkan keterangan PVMBG melalui situs www.vsi.esdm.go.id , Rabu (31/12/2014).

 

Kabar mengenai naiknya status gunung tangkuban perahu ini juga diamini oleh pemerintah Kabupaten Bandung Barat, wilayah dimana gunung ini berada. Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bandung Barat, Mochammad Pakih mengatakan, pihaknya telah mengetahui hal tersebut. 

 

"Betul (naik level menjadi waspada), sudah dikonfirmasi oleh PVMBG," kata Pakih, Rabu,31/12/2014.

 

Pakih juga menambahkan, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi dan imbauan kepada warga masyarakat yang masuk dalam Kawasan Rawan Bencana di sekitar 1,5 Kilometer dari kawah pusat tangkuban perahu.

 

 "Kita akan mengumpulkan para pimpinan kewilayahan untuk diberikan pemberitahuan," imbuhnya. 

 

Himbauan senada juga diungkapkan oleh PVMBKG, yang meminta masyarakat sekitar untuk tidak panik dan terus memantau perkembangan terbaru menganai status gunung tangkuban perahu. 

 

"Masyarakat agar tetap memperhatikan perkembangan kegiatan Gunung Tangkuban Perahu yang dikeluarkan oleh BPBD setempat dan selalu mengikuti arahan dari BPBD setempat," demikian imbauan yang ditulis dalam situs tersebut. *** kinaya (kompas,detik)