SBY: Cobalah Usaha di Bidang Kuliner

SBY: Cobalah Usaha di Bidang Kuliner

 

Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono meminta para wirausaha muda untuk lebih mengembangkan kuliner nusantara ke luar negeri. Menurutnya, makanan khas Indonesia memiliki cita rasa yang unik sehingga akan cocok dengan lidah orang – orang diberbagai negara. Saah satu contohnya adalah presiden Barack Obama yang menyukai kuliner nasi goreng.

“Presiden Barack Obama saja suka nasi goreng. Pasti banyak lagi orang diluar negeri sana yang menyukai makanan khas negara kita” tuturnya dalam acara Wirausaha Muda Mandiri, Rabu (15/1/2014) pekan lalu di Jakarta.

SBY mengungkapkan bahwa sektor kuliner harusnya menjadi sebuah inspirasi bagi para wirausaha untuk bisa membuat nama Indonesia semakin harum. Menurutnya, selain budaya, batik dan kerajinan tenun, kuliner khas Indonesia bisa menjadi alternatif lain untuk memperkenalkan nama Indonesia ke seluruh dunia.

“Kata menteri Syariefuddin Hasan, wirausaha muda adalah calon pemimpin bisnis. Kalau menurut saya sendri, wirausaha muda juga bisa menjadi calon pemimpin bangsa ini dimasa yang akan datang” ungkapnya.

SBY juga menjelaskan bahwa seorang pengusaha itu harus punya inovasi yang tinggi, ide unik dan kreatifitas yang tinggi. Selain itu, pengusaha harus siap menerima kegagalan, rajin dan pantang menyerah. SBY juga berpesan agar para wirausaha muda tidak tergoda untuk melakukan hal yang bertentangan dengan hukum dan agama, untuk mengambil keuntungan sebesar – besarnya. [aud]