Presiden Jokowi Akan Terbitkan Suset Policy 29 April Mendatang

Presiden Jokowi Akan Terbitkan Suset Policy 29 April Mendatang
berita satu

Presiden Joko Widodo rencananya pada 29 april 2015 nanti, akan mengesahkan penerapan sunset policy atau menghapus sanksi administrasi bagi wajib pajak yang kurang bayar selama 5 tahun ke belakang. Hal ini diungkapkan langsung oleh Direktur Jendral Pajak Sigit Priadi Pramudito. 

 

"Pak Presiden langsung yang akan umumkan di istana," kata Sigit, di kantornya, Kamis, 23 April 2015.

 

Sunset Policy ini sendiri sebelumnya pernah di terapkan oleh pemerintah pada tahun 2008 namun hanya bersifat voluntary (sukarela). Sedangkan untuk Sunset Policy 2015 ini nantinya akan bersifat mandatory (diwajibkan). Kebijakan ini sendiri berbentuk penghapusan sanksi administrasi perpajakan berupa bunga yang diatur dalam Pasal 37A Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007).

 

Kebijakan sunset policy ini berlaku untuk jenis pajak penghasilan (PPh) dan pajak pertambahan nilai (PPN) orang pribadi maupun badan usaha. Tujuan dari penerapan Sunset Policy ini sendiri adalah tercapainya target pajak 2015 yang mencapai Rp1.294,258. 

 

Menteri Keuangan Bambang P.S Brodjonegoro juga berharap, dengan adanya kebijakan Sunset Policy ini, maka DJP akan mampu memperoleh tambahan penerimaan pajak hingga Rp 200 triliun. Usaha ini juga ia lakukan untuk meningkatkan tax ratio menjadi 12 persen. 

 

Apalagi DJP mencanangkan tahun ini sebagai tahun pembinaan pajak. Dimana pada tahun ini akan ada banyak peraturan-peraturan pajak baru serta pengampunan pajak bagi wajib pajak guna mengejar target pajak. *** kinaya (tempo)