Yah... BBM Turun, Gantian Gas Elpiji yang Naik,,

Yah... BBM Turun,  Gantian Gas Elpiji yang Naik,,

Jika awal januari ini harga Premium dan Solar diturunkan oleh pemerintah, hal sebaliknya justru terjadi pada Gas elpiji 12 kg. Awal Januari 2015 ini, pemerintah akan menaikkan harga gas elpiji Rp 1.500 per Kg atau Rp 18.000 per tabung gas 12 kg.

 

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Ahmad Bambang mengatakan, kenaikan tersebut untuk menekan kerugian bisnis elpiji 12 kg. Selain itu kenaikan ini juga sudah sesuai dengan peta jalan (roadmap) yang telah ditetapkan.

 

"Januari lah, kalau harganya segitu terus kami rugi. Di tambah lagi, sebagai perseroan terbatas, Pertamina tidak boleh merugi. " ungkap Bambang seusai Konferensi Pers Kinerja 2014 dan Rencana Kinerja 2015 di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Rabu (31/12/2014).

 

Namun, Bambang engan menyebutkan tanggal berapa kenaikan harga elpiji 12 kilogram akan diberlakukan. Saat ini harga patokan liquid petroleum gas (LPG) internasional atau Saudi Aramco Contract Price terus menurun seiring dengan merosotnya harga minyak dunia. Akan tetapi dengan harga pasaran Rp.120.000 per tabung, pertamina mengaku masih merugi ditengah tren penurunan ini.

 

Bambang merinci sampai November 2014, rugi bisnis elpiji 12 kg mencapai US$ 340 juta dan akhir Desember 2014 diperkirakan US$ 390 juta atau turun dibandingkan prediksi awal sekitar US$ 500 juta.

 

" Meski harga beli elpiji sedang turun, namun secara keseluruhan kami masih merugi cukup besar," tegas Bambang. *** kinaya (bisnis, kontan)