Wuihh Air yang Kita Minum ‘Lebih Tua’ dari Matahari

Wuihh Air yang Kita Minum ‘Lebih Tua’ dari Matahari

Para astronom di University of Michigan percaya sekitar setengah air di tata surya kita ini berusia lebih tua dari matahari itu sendiri.

Ternyata, ada dua jenis air - jenis yang sudah familiar dan biasa kita gunakan, H₂O, dan jenis yang lebih berat dengan neutron tambahan pada atom hidrogen. Mereka biasa dipanggil dengan mereka air biasa dan air berat. Menurut University of Michigan, "Komet dan lautan di bumi terus pada rasio tertentu dan rasio air lebih tinggi dan berat daripada kandungan matahari."

Tata surya kita diciptakan pada apa yang disebut peneliti sebagai miliaran disk sebagai pembentuk planet dari berjuta tahun yang lalu - debu dan gas yang berpindah di sekitar matahari akhirnya membentuk menjadi planet. Tapi bahkan sebelum penciptaan delapan planet, matahari, dan disk pembentuk planet, diciptakan dalam awan yang bahkan lebih tua.

Jadi dalam pertanyaannya sama seperti "ayam atau telur", para peneliti ingin tahu apakah air berat datang lebih dahulu dari matahari.

Akhirnya mereka mengetahui lewat perhitungan kimia. Para peneliti menirukan kimia yang digunakan dalam penciptaan planet kita (proses kimia dalam disk pembentuk planet), dan mencari munculnya air berat.

"Kami membiarkan kimia berkembang selama jutaan tahun-masa khas dari pembentuk planet disk dan kami menemukan bahwa proses kimia dalam disk yang tidak efisien dalam membuat air berat di seluruh tata surya sebelum adanya matahari."

Yang berarti para peneliti percaya bahwa air lebuh tua dari matahari. Dengan demikian, air di tata surya kita benar-benar kuno. ***intan (Sumber: wpxi)