Wow!! Pertama Kalinya dalam Sejarah Mesin ATM dipasang di Somalia

Wow!! Pertama Kalinya dalam Sejarah Mesin ATM dipasang di Somalia

"ni negara Somaliland... apa yang ditunjukkan sebenarnya ialah tempat yg aman sehingga duit pun selamat walau ditinggalkan di pasaraya... maksudnya tiada perompak/ pencuri...kerana penduduk di negara ini sangat kuat iman dan Islamnya..mungkin kerana Hududnya.."

Cikgu Karim Kamri

Yup. Tidak semua orang mengenal nasib Somalia Shilling mata uang Somalia. Namun ada yang menarik, Pertama kalinya
mesin penarikan tunai Somalia telah diinstal di ibukota, Mogadishu sebagaimana di kabarkan All Africa beberapa waktu lalu (08/10).

Menurut BBC News mesin itu diinstal oleh Salaam Somalia Bank di hotel kelas atas, memungkinkan pelanggan untuk menarik dolar AS.



Namun, laporan menunjukkan bahwa, beberapa orang masih bingung tentang bagaimana mesin itu bekerja karena mereka tidak pernah menggunakan benda "Doraemon" itu sebelumnya.

Sektor perbankan Somalia memang tengah berkembang, dengan sekian banyak orang mengandalkan pengiriman uang dari luar negeri.

Namun ada pertanyaan
yang timbul dari media sosial mata uang macam apa yang akan di masukan ke dalam ATM yang beroperasi karena mata uang Somalia mati mengenaskan, semua orang belanja di pasar dengan membawa trolley dan mengangut satu tumpukan uang untuk membeli sikat sayur.

Lembaga keuangan tidak berfungsi dan rencana pemulihan tidak terlihat.


Akan halnya Abukar, juru bicara Salaam Bank, menjelaskan bahwa mesin itu hanya untuk dolar AS.

"Kita dapat menambahkan mata uang internasional lainnya di masa depan. Orang-orang dari diaspora dan asing telah menyambut langkah ini dengan antusias. Kami berencana untuk menginstal lebih ATM di Mogadishu," katanya.

Somalia menjadi negara gagal selama dua dekade konflikyang melibatkan kelompok-kelompok milisi, perang suku dan agama sehingga mempengaruhi mata uang Somalia, shilling, yang hampir tidak berharga sama sekali dan sehingga pengusaha dan orang asing berurusan dengan dolar.

Setelah ambruknya otoritas sentral yang disertai perang saudara, yang dimulai pada awal 1990-an, nilai shilling Somalia anjlok dan bahkan di ledek sebagai mata uang tanpa negara.




Bank Sentral Somalia, otoritas moneter bangsa yang dahulu disebut sebagai kerajaan terkaya dan termulia di Afrika Barat ini, juga menutup operasinya.

Kehadiran mesin ini sempat menjadi cemoohan dari sosial media, karena tumpukan uang shiling ditinggalkan begitu saja di pasar tanpa ada penjagaan namun ada satu komentar yang menarik dari warga Malaysia bernama Cikgu Karim Kamri.

"ni negara Somaliland... apa yang ditunjukkan sebenarnya ialah tempat yg aman sehingga duit pun selamat walau ditinggalkan di pasaraya... maksudnya tiada perompak/ pencuri...kerana penduduk di negara ini sangat kuat iman dan Islamnya..mungkin kerana Hududnya.." katanya. Hello Malaysia?

Berikut ini video penggambaran pasar di Somalia.



***Fy (all Africa, Facebook)