Wamenkeu: Masa Berlaku Tax Holliday di Perpanjang

Wamenkeu: Masa Berlaku Tax Holliday di Perpanjang

Perusahaan - perusahaan penerima Tax holiday sepertinya bisa bernafas lega untuk semantara waktu, pasalnya Wakil Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan Kemenkeu akan memperpanjang masa berlaku Tax holiday hingga akhir tahun. Hal ini di lakukan karena menunggu masa transisi ke pemerintahan yang baru.

"Barangkali mereka punya ide sendiri. Kita pun jadinya tidak ubah-ubah terlalu sering," ujar Bambang. Saat ini terdapat 3 perusahaan yang mendapatkan Tax holiday yaitu PT. Petrokimia Butadiene Indonesia, PT Unilever Oleochemical Indonesia, dan PT. Energi Sejahtera Mas.

Tax holiday di berikan hanya kepada perusahaan pionir, mempunyai rencana penanaman modal Rp. 1 triliun dan menempatkan dananya di perbankan indonesia paling sedikit 10% dari modal.

Bambang juga menegaskan perpanjangan tax holiday ini tidak ada perubahan substansial yang di lakukan oleh kemenkeu. Perubahan baru akan di lakukan setelah masa transisi pemerintahan berlangsung atau dilakukan seiring dengan batas waktu hingga akhir tahun nanti.

Bambang juga berpendapat pihaknya akan berdiskusi dengan pemerintahan baru dalam pembahasan perubahan.

Sebelumnya Kemenkeu berencana akan menghapus tax holiday akhir bulan agustus ini. Namun nampaknya keputusan ini di tunda.

Tax holiday di usulkan Kemenkeu untuk di hapus di karenakan perusahaan yang meminati tax ini cukup sedikit, mungkin di karenakan fakfor rumitnya birokrasi,  sehingga Kemenkeu berncana untuk memfokuskan  diri dengan Tax allowance yang lebih banyak di minati investor. "**  *kinaya ( sumber : Kontan )