Wakil Menteri Malaysia : Gunung Kinibalu Gempa Karena Ulah 10 Turis Eropa yang Bugil

Wakil Menteri Malaysia : Gunung Kinibalu Gempa Karena Ulah 10 Turis Eropa yang Bugil

Terkait gempa gempa bumi berkekuatan 6.0 skala richter di Sabah, Malaysia yang terjadi pada Jumat sore (5/6/2015). Wakil Menteri Besar Negara Bagian Sabah, Tan Sri Joseph Pairin Kitingan, menuduh 10 turis Eropa yang berkelakuan tidak sopan dan tidak senonoh menjadi penyebabnya. 

 

Seperti dilansir dari strait times, Kitingan mengatakan, gempa bumi yang baru melanda merupakan akibat dari ulah 10 turis yang telanjang menuju di puncak Gunung Kinabalu, tanggal 30 Mei lalu. 

 

Tak hanya Kitingan, Masyarakat lokal Malaysia dan pendaki lokal juga percaya jika penyebab gempa di Gunung Kinabalu adalah ulah dari segerombol turis nakal yang berfoto separuh bugil di puncak gunung tersebut. Tidak hanya bugil mereka bahkan pipis sembarangan sambil mengabadikan momen tersebut Mereka meyakini kelakuan wisatawan asal Eropa ini disebut memicu murka alam, membuat 'penjaga' Gunung Kinabalu marah dan menunjukkan kuasanya.

 

 "Percaya tidak percaya, ini adalah hal yang penduduk Sabah percaya, ketika gempa bumi terjadi, itu merupakan konfirmasi dari kepercayaan kita, Gunung Kinabalu adalah gunung yang suci, jangan menganggap hal ini sebelah mata," kata Kitingan.

 

Kitingan juga meminta agar turis-turis itu diseret ke pengadilan lokal untuk diadili atas perbuatan mereka. Setelah foto yang menampakkan kejadian tersebut tersebar di dunia maya bahkan di unggah di situs UNESCO.

 

Akibat gempa ini, 117 warga Malaysia dan 38 warga Singapura, termasuk diantaranya lima pendaki asal Amerika, empat asal Belanda, tiga dari Inggris, dua dari Perancis, dan dua asal Australia kini masih terjebak di gunung. 

 

Adapun korban tewas termasuk pelatih gunung dan seorang siswa SD asal Singapura berusia 12 tahun. Mayoritas pendaki yang tewas lantaran tersapu ke jurang saat batu berguguran di lereng adalah warga negara Malaysia dan Singapura. Sisa korban tewas lainnya, masing-masing satu orang berasal dari China, Filipina, dan Jepang. *** kinaya (kompas,strait times, daily mail)