The Treble Winner Kanwil Pajak Banten yang Sepi dari Publisitas

The Treble Winner Kanwil Pajak Banten yang Sepi dari Publisitas

Di tengah hiruk-pikuk pemberitaan media yang kerap menyuguhkan berita-berita menarik bahkan kontroversial, isu pajak memang bukan pilihan banyak orang. Dibanding isu korupsi, skandal atau bahkan mafia pajak, pemberitaan mengenai prestasi yang dicapai aparat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) terhitung sepi dari publisitas.

 

Kanwil DJP Banten adalah contoh betapa prestasi yang dicapai belum tentu sebanding dengan apresiasi yang diterima. Sebaliknya, pencitraan justru mampu membungkus sosok yang sebenarnya minim prestasi mendapatkan apresiasi publik dan ekpos media besar-besaran.

 

Seperti diketahui, dalam kurun 3 tahun belakangan target pajak Kanwil DJP Banten selalu tercapai bahkan realisasinya melebihi dari target yang dibebankan. Pada tahun 2014 kemarin terbukti bahwa capaian Kanwil DJP Banten 100,49% dari target penerimaan. Tentunya capaian ini bukan hal yang mudah mengingat sudah 12 tahun target pajak nasional tak pernah tercapai.

 

Sedangkan di tahun sebelumnya, capaian pajak 100% Kanwil DJP Banten juga mengundang decak kagum Dirjen Pajak Fuad Rahmany yang kala itu bertandang langsung ke Banten dalam rangka menghadiri Raker. Menurutnya dengan 7 KPP mencapai target dan 2 KPP lainnya dengan capaian pertumbuhan di atas rata-rata nasional, Kanwil DJP Banten telah bekerja optimal di tengah kelesuan ekonomi yang berdampak pada pendapatan pajak secara nasional.

 

"Penerimaan pajak Indonesia sangat tergantung pada sektor yang kegiatan ekonominya berorientasi pada pasar luar negeri. Perlambatan ekonomi dunia mengakibatkan sektor industri mengalami penurunan, bukan hanya harga komoditasnya namun juga permintaannya. Mestinya yang sangat terpukul penerimaan pajak salah satunyanya adalah Kanwil Banten yang banyak terdapat industri. Makanya saya sangat mengapresiasi kerja keras seluruh pegawai Kanwil DJP Banten," ujar Fuad sebagaimana dikutip pajak.go.id (13/1/2014).

 

Kepala KPP Pratama Serpong, Hillman Flobianto mengatakan, keberhasilan pajak tahun ini ialah berkat kerja sama tim di semua lini yang mau kerja keras. “Alhamdulillah, ini bisa kita capai dan melebihi target,” ujar Hillman, sebagaimana dikutip Tangerang Ekspres, Senin (12/1) seraya menjelaskan KPP Pratama Serpong sebagai salah satu ujung tombak Kanwil DJP Banten ditarget Rp 3,668 triliun dan realisasinya mencapai 102%.

 

Di wilayah Banten tercatat 1.017.129 wajib pajak, namun hanya 572.330 wajib pajak atau sekitar 56,27 persen yang melaporkan SPT tahunan. Meski demikian Banten mencatat tren positif penerimaan pajak dalam 3 tahun berturut-turut; Rp 16,7 Triliun pada Tahun 2012, Rp 21,2 Triliun pada Tahun 2013 dan Rp 25,3 Triliun di tahun 2014. Selamat, The Treble Winner Banten. Semoga di tahun 2015 target kembali tercapai.