Tahun 2017 Dana Desa Capai Rp. 1 Miliar

Tahun 2017  Dana Desa Capai Rp. 1 Miliar

Menteri Keuangan Bambang P.S Brodjonegoro, memperkirakan dana desa yang dikucurkan oleh pemerintah pusat pada tahun 2017 mencapai Rp. 1 miliar. Ini dikarenakan, semakin matangnya sistem distribusi dana tersebut. Untuk tahun ini pemerintah mengakui baru bisa mengucurkan dana desa senilai Rp 250 juta. Namun Menkeu Bambang berjanji akaan ada kenaikan bertahap dari tahun ke tahun.

 

 "Dana desa sebagaimana ketentuan undang-undang sepuluh persen dari dana perimbangan dalam anggaran pendapatan dan belanja negara atau APBN," kata Menteri, saat sosialisasi kebijakan dana desa di Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, Minggu, 21 Juni 2015.

 

Bambang menambahkan, dengan adanya dana desa yang mencapai Rp. 1 miliar ini, diharapkan nantinya pembangunan wilayah pedesaan akan semakin optimal sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

 "Ini adalah uang besar dan diharapkan pula akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat," katanya.

 

Menkeu menghimbau agar dana desa ini digunakan untuk membangun infrastruktur fisik seperti jalan dan jembatan, karena hal seperti ini akan mampu memacu pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pendapatan. 

 

 "Proyek infrastruktur dana desa dikerjakan secara swakelola atau oleh masyarakat sendiri dan tidak dikontrakkan ke pihak ketiga," ujarnya.

 

Selain untuk membangun infrastruktur fisik, Bambang juga berharap dana desa ini dapat digunakan untuk mengembangkan pemberdayaan masyarakat seperti pemberdayaan pertanian, perikanan dan perkebunan. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat mendapatkan keterampilan yang lebih baik hingga meningkatkan pendapatan. 

 

 

*** kny (antara)