Surabaya Bakal Terapkan Sistem Rapor Online

Surabaya Bakal Terapkan Sistem Rapor Online

Inovasi dalam bidang teknologi informasi yang dipadukan dunia pendidikan telah dilakukan oleh pemerintah kota Surabaya. Pemkot Surabaya lewat Dinas Pendidikan setempat berencana menerapkan sistem Rapor Online yang terintergrasi.


Sistem Rapor Online memang belum lazim dikenal di Indonesia, namun diharapkan terobosan ini bisa semakin menyempurnakan kekurangan sistem konvensional dalam hal rekam hasil pendidikan.


Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Ikhsan menyatakan sistem Rapor Online sendiri kini mulai diadopsi guna menyongsong penerapan kurikulum 2013.


"Saat ini sistem dan server sudah siap," ujarnya yang ditemui pada Senin (19/5/2014) 


Ia melanjutkan dalam kurikulum 2013 nantinya aspek penilaian juga memasukkan nilai narasi deskripsi dalam bentuk pemaparan tertulis. Sehingga diharapkan sistem baru tersebut dapat kian mengefektifkan kinerja para pengajar.


Selain itu, nantinya data yang harus dimasukkan juga tergolong cukup banyak.


"Untuk SD sekitar 250 data yang harus dimasukkan, SMP-SMA data bisa mencapai 450 data. Sehingga jika dilakukan secara manual maka akan berat, makanya kita buat inovasi untuk memudahkan," tutur Ikhsan.


Dalam penerapannya nanti, sistem Rapor Online akan disosialisasikan secara bertahap ke semua sekolah yang ada di kawasan Surabaya.


Nantinya tidak hanya sekolah negeri saja yang dapat menggunakan sistem Rapor Online, namun sekolah swasta juga diharapkan menerapkan sistem tersebut.


"Secara berkala, kami akan melatih guru dan kepala sekolah SD hingga SMA untuk mengentery data pada rapor online berdasarkan kurikulum 2013," ucapnya. ***mjd (sumber Detik)