Sudah Sampai Manakah Perjalanan Tax Amnesty ?

Sudah Sampai Manakah Perjalanan Tax Amnesty ?

Tahun 2016 ini senjata andalan pemerintah untuk memenuhi target pajak adalah dengan menggunakan kebijakan pengampunan pajak atau Tax Amnesty. Kebijakan Tax Amnesty ini sendiri sampai saat ini masih tersangkut di DPR dengan beberapa alasan. 

 

Menurut Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro penggodokan Rancangan Undang-Undang (RUU) tax amnesty tinggal menyelesaikan hal-hal yang masih tertunda karena masih ada perbedaan-perbedaan pendapat.

 

"Ada empat sampai lima hal (perbedaan pendapat). Susah menjelaskannya, itu teknis. Itu masalah apa yang tidak dilaporkan selama ini. SPT tahun berapa pengurangnya. Mana yang lebih adil. Sampai semua-muanya. Artinya semua harta dia mau sejak kapan ya masuk," kata Bambang di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Senin (11/1/2016) malam.

 

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Dewan Pertimbangan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi. Sofyan selaku wakil dari pengusaha mengatakan bahwa RUU tax amnesty telah masuk ke DPR dan akan segera selesai. 

 

"Sekarang sudah masuk ke DPR, tapi draf terakhirnya lagi dibikin sama Dirjen Pajak dan Menkeu. Tadi dibicarakan masukan-masukan dari kita, sebagian pengusaha dari menkonya, supaya ini diselesaikan saat masa sidang kalau bisa," ujar dia.

 

Sofjan menambahkan, ada beberapa hal yang masih dibahasa dan disusun oleh menkeu seperti besaran pinalti yang akan dikenakan untuk kebijakan tax amnesty ini. “Itu yang draftnya lagi disusun sama menkeu. contohnya pinalti yang lebih kecil, dan investasi untuk upstream industri di sini.” kata Sofjan. *** kny (tempo, metro tv)