Skandal Pajak Apple, Tim Cook Sebut "Omong Kosong Politik"

Skandal Pajak Apple, Tim Cook Sebut "Omong Kosong Politik"

Setelah melalui proses cukup panjang, raksasa perangkat tekhnologi dunia, Apple, setuju membayar tunggakan pajak pada pemerintah Italia sebesar 318 juta euro atau sekitar 350 juta dolar.

 

Nilai tersebut kata tim jaksa yang menangani kasus ini, merupakan tunggakan pajak yang harus dibayar Apple antara tahun 2008-2013 demikian seperti dikutip dari surat kabar La Republica. Tim jaksa itu juga mengatakan bahwa kewajiban pajak selama lima tahun berturut-turut itu didasarkan pada putusan internasional terhadap kasus-kasus semacam itu.

 

Seperti dilansir dari Associated Press beberapa waktu lalu menuliskan, pemerintah Italia melakukan investigasi pajak terhadap Apple. Pasalnya, perusahaan asal Cupertino, Amerika Serikat ini dicurigai menyusupkan pendapatannya di Italia sebanyak USD 1 miliar melalui perusahaan cabangnya yang berlokasi di Irlandia.

 

Hal itu dilakukan Apple untuk menurunkan nilai pajak yang seharusnya mereka bayarkan. Seperti dketahui, Struktur pajak internasional Apple terbilang rumit memang mengundang kecurigaan dari berbagai pihak. 

 

Selain itu, tim Jaksa Milan menerangkan, investigasi pajak ini juga bagian upaya pemerintah meminta perusahaan multi nasional untuk membayar pajak di negara mana perusahaan itu menjalankan bisnis.

 

Namun sayangnya, mereka menolak memberi rincian lebih jauh. Mereka juga menolak untuk membahas bagaimana dampak pembayaran pajak itu terhadap penyelidikan kriminal yang sedang dilakukan oleh mereka, terkait dugaan pengelakan pajak oleh tiga karyawan Apple. La Repubblica mengatakan dua karyawan Apple itu adalah eksekutif yang bermarkas di Italia, sementara karyawan ketiga bermarkas di Irlandia.

 

Selain tersandung kasus pajak d Italia, perusahaan asal Cupertino, Amerika Serikat ini pada tahun 2013 juga tersandung kasus pajak di negara asalnya. Komite Senat Amerika Serikat menuduh Apple telah menciptakan sistem untuk menghindari pajak. Pasalnya, pada tahun 2011, anak usaha Apple di Irlandia hanya membayar pajak sebanyak USD 10 juta. Padahal Apple mendapatkan pemasukan sebanyak USD 22 miliar pada tahun itu,

 

Menanggapi tuduhan pengemplangan pajak dari sejumlah negara, CEO Apple Tim Cook menyebut tuduhan mengemplang pajak tersebut hanyalah omong kosong politik. Ia malah menyalahkan sistem perpajakan yang ada saat ini sudah kuno, karena dibuat untuk zaman industri, bukan zaman digital. *** kny (AP,detik, VoA)