Sistem Online Diperkuat, Menkeu Yakin Target Pajak Tahun Ini Tercapai

Sistem Online Diperkuat, Menkeu Yakin Target Pajak Tahun Ini Tercapai

Sejatinya target pajak pada 2014 belum terpenuhi, sehingga banyak yang bersikap nyinyir pada target pajak pemerintah dalam RAPBNP 2015 senilai yang naik menjadi Rp1.484,6 triliun atau naik Rp104,6 triliun dari APBN sebelumnya yang sebesar Rp1.380 triliun.

Sebagaimana hasil pertemuan Menkeu Bambang Brodjonegoro dengan Badan Anggaran DPR dirinya optimistis bahwa DJP dibawah kepemimpinan baru akan sanggup mencapai target penerimaan pajak karena meyakini ekonomi akan berjalan baik dan oleh karena itulah target pajak bisa ditingkatkan.

Belum lagi pada tataran rasio pajak Indonesia yang sudah masuk ke negara bergerak maju, idealnya perbandingan penerimaan pajak dengan produk domestik bruto (PDB) lebih dari 16%. Dan artinya pundi pajak mestinya mencapai Rp1.700 triliun dan ini sudah termasuk PPh migas, bea dan cukai. Bahkan semasa era kampanye ada gambaran bahwa pencapaian 17 persen pun bisa diperoleh.

Bambang berharap banyak pada sistem online yang akan meningkatan kepatuhan WP untuk menuaikan kewajibannya. Ditambah visi dari Kemenkeu di bawahnya berkaitan dengan pajak adalah ektentifikasi atau penambahan wajib pajak baru, ini melanjutkan pula peranan intentifikasi kebijakan DJP terdahulu yang menyoal gagasan pembukaan rekening bank untuk kepentingan pajak.

WP menurut Bambang perlu memperbaiki kebiasaannya sebab kelak database dan sistem online tidak bisa diakali lagi. Dan DJP kelak akan memberlakukan e-tax invoice demi menghindari adanya faktur palsu antara wajib pajak dengan petugas pajak yang nakal.***