Sepakbola Italia di Goncang Skandal Pajak, 35 Klub Liga Italia Tersangkut

Sepakbola Italia di Goncang Skandal Pajak, 35 Klub Liga Italia Tersangkut

Kasus perpajakan mengguncang persepakbolaan Italia, tak tanggung-tanggung sebanyak 35 klub di Serie A dan Serie B Italia teridentifikasi tersangkut kasus penggelapan pajak . 

 

Kasus besar ini terungkap setelah pemerintah setempat mengadakan penyelidikan pajak rahasia terkait tranfer pemain yang diberi nama dengan Operasi "Fuorigioco" atau Operasi Offside. Operasi Offside ini telah mengidentifikasi pengggelapan pajak yang dilakukan oleh kurang lebih 100 agen dan pemain bola di Italia.

 

Operasi ini menyelidiki penggelapan pajak dan faktur palsu dalam olahraga. Berita mengejutkan ini pecah Selasa (26/1/2016) pagi waktu seempat.

 

Seperti dilansir La Repubblica , Jaksa Penuntut Umum Naples yang dipimpin Danilo De Simone, Stefano Capuano, dan Vincenzo Ranieri telah membeberkan penyelidikan rahasia ini kepada publik.

 

Masih dari sumber yang sama menuliskan, Polisi italia telah menyita aset lebih dari senilai 12 juta euro (Rp180 miliar) dari sejumlah petinggi klub sepak bola Italia, termasuk Wakil Presiden Milan Adriano Galliani, Presiden Napoli Aurelio De Laurentiis, dan Presiden Lazio Claudio Lotito.

 

Pemilik Palermo Maurizio Zamparini, Enrico Preziosi (Genoa), dan Andrea Della Valle (Fiorentina) juga masuk daftar tersangka. Sedangkan dari pihak pemain, kapten Atalanta German Denis, striker Torino Ciro Immobile, dan pemain Milan Antonio Nocerino. Winger Paris Saint Germain Ezequiel Lavezzi dan Pelatih Modena Hernan Crespo juga masuk dalam daftar.

 

"Penyelidikan yang lebih luas menemukan sistem yang mengakar dirancang untuk menghindari pajak dan digunakan oleh 35 klub sepak bola dari Serie A dan Serie B bersama dengan lebih dari 100 orang lainnya, termasuk pemain dan agen mereka," kata Jaksa Naples Vincenzo Piscitelli dalam sebuah pernyataan.

 

Jika semua tuduhan penggelapan pajak ini benar, maka ini akan menjadi skandal pajak terbesar dalam sejarah persepakbolaan Italia yang kemungkinan besar akan merubah arah persepakbolaan di negara pisa tersebut. *** kny (detik,sindo)