Seleksi Kalpori Baru Tidak Libatkan KPK dan PPATK, Kenapa?

Seleksi Kalpori Baru Tidak Libatkan KPK dan PPATK, Kenapa?

Terkait pemilihan Kapolri yang baru Budi Gunawan mengundang banyak reaksi sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM). Salah satu yang memberika respon cepat adalah beberapa LSM yang tergabung dalam koalisi Masyarakat Sipil.

 

Sejumlah perwakilan Koalisi Masyarakat Sipil mendatangi Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta untuk bertemu pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi. Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk menanyakan keterlibatan KPK dalam seleksi calon Kapolri yang baru.

 

Koalisi Masyarakat Sipil menilai keterlibatan KPK dan PPATK sangat penting, apalagi saat ini banyak penjabat tinggi yang terkait kasus rekening gendut. Namun, KPK mengaku sama sekali belum dilibatkan untuk proses seleksi tersebut.

 

"Belum ada (permintaan). Kalau belum diminta ya kita belum lakukan," sebut Bambang usai pertemuan dengan Koalisi Masyarakat Sipil di Pengadilan Tipikor Jakarta, Sabtu 10 Januari 2015.

 

Bambang berharap agar proses seleksi pejabat tinggi pemerintah selalu melibatkan KPK dan PPATK, supaya pola yang pernah terjadi saat seleksi menteri cabinet kerja bisa terus dilanjutkan.

 

"Tradisi yang baik seharusnya dilakukan terus-menerus karena sesuai dengan kepentingan masyarakat," jelas Bambang. ***dasi(sumber: liputan6.com & yahoo.com)