Selain Undang Jokowi Empat Mata Dengan Putin, Russia Siap Ringankan Bea Produk Indonesia

Selain Undang Jokowi Empat Mata Dengan Putin, Russia Siap Ringankan Bea Produk Indonesia

Presiden Joko Widodo diundang oleh Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menghadiri acara Asean-Rusia Summit yang diselenggarakan di Rusia bulan Mei mendatang. Undangan ini disampaikan langsung oleh oleh Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rusia Denis Manturov.

 

"Beliau membawa surat dari Presiden Putin untuk Presiden Jokowi. Lalu mengundang untuk Asean-Rusia Summit pada Mei mendatang," kata Retno seusai mendampingi Presiden dalam pertemuan dengan menteri perindustrian dan perdagangan Rusia di Kompleks Istana Negara, di Jakarta, Jumat 8 Januari 2016.

 

Retno menambahkan, presiden Jokowi berjanji akan mengahadiri acara Asean-Rusia Summit ini karena ini akan mampu mempererat hubungan bilateral antara kedua negara.

 

Retno juga bercerita, bahwa Kunjungan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rusia Denis Manturov ke Indonesia adalah untuk membahas masalah pajak dan bea masuk komoditas kelapa sawit indonesia ke Rusia.

 

Komoditas Kelapa sawit dari Indonesia sering kali mendapatkan perlakuan buruk, salah satunya berupa tingginya bea masuk untuk komoditas ini. Kedatangan Denis Maturov ke Indonesia, menurut Retno juga membahas masalah penghapusan tarif untuk komoditas kelapa sawit serta kerja sama di sektor perikanan.

 

 "Kita juga ingin meningkatkan pariwisata karena wisatawan Rusia memiliki potensi yang sangat tinggi untuk masuk ke Indonesia," kata Retno.

 

Presiden Jokowi bertemu langsung dengan Denis Maturov, Pertemuan yang dimulai sekitar pukul 11 siang itu berlangsung di Istana Merdeka secara tertutup. *** kny (tempo)