Riset Buktikan Tikus Pemakan Junk Food Lebih Malas Gerak

Riset Buktikan Tikus Pemakan Junk Food Lebih Malas Gerak

Fiskal.co.id, Jakarta – Makin berkembangnya jaman ikut menyeret pola hidup masyarakat urban dalam hal konsumsi barang instan. Salah satunya adalah junk food atau makanan cepat saji.


Sifatnya yang ringkas dan tidak ribet menjadikan makanan yang nyatanya kurang sehat ini menjadi primadona masyarakat kota bahkan kini hingga pedesaan.


Namun apakah anda tahu, selain memberi efek buruk pada kesehatan, makanan cepat saji seperti burger, hotdog, pizza dan lain sebagainya tersebut ternyata juga dapat membuat orang kian malas beraktifitas.


Dari laman Newsmaxhealth.com membeberkan sebuah percobaan telah dilakukan dengan memberikan makanan junk food pada hewan tikus secara terus menerus.


Hasilnya tikus dengan konsumsi junk food berlebih cenderung malas bergerak dan lebih suka tidur, berbeda dengan tikus normal yang masih senang berlarian.


Dari penelitian tersebut dapat diketahui secara umum pengaruh dari junk food tidak hanya pada kesehatan tikus namun juga pola hidupnya.


Dan menurut para peneliti dari 10 Physiology & Behavior menyatakan hal serupa sangat dimungkinan terjadi pada manusia yang kelebihan mengkonsumsi junk food layaknya hewan percobaan.


Salah satu peneliti yang juga tergabung dalam proyek tersebut, Dr. Aaron Blaisdell menyatakan bahwa kegemukan atau bentuk tubuh yang gemuk memang sangat identik dengan sifat malas.


Namun lebih jauh, ia menjelaskan sebenarnya yang menjadi faktor utama penyebab kemalasan adalah pola makan. Jadi bagi anda yang ingin tetap bugar dan sehat, konsumsilah makanan yang bergizi dan tetap jaga pola makan yang teratur, itulah kuncinya. [mjd]