Putusan Konsiliasi Vodafone Setelah Kasus Transfer Pricing Berakhir

Putusan Konsiliasi Vodafone Setelah Kasus Transfer Pricing Berakhir

Pemerintah India akan mengambil keputusan tentang penarikan konsiliasi untuk Vodafone dalam usaha penyelesaian sengketa pajak Rs. 20.000 crore setelah kasus transfer pricing dengan perusahaan telekomunikasi raksasa asal Inggris ini selesai.

 

"Kabinet telah memutuskan untuk menginstruksikan Income Tax Appellate Tribunal (ITAT) untuk secepatnya menyelesaikan kasus transfer pricing Vodafone. Setelah selesai, kabinet akan meninjau proses konsiliasi," kata seorang pejabat senior Departemen Keuangan setelah pertemuan Uni Kabinet Jumat (28/02/2014).

 

Vodafone terlibat dalam sengketa pajak dengan pemerintah India. Salah satunya berkaitan dengan akuisisi saham Hutchison Whampoa di Hutchison Essar dan yang lainnya adalah kasus transfer pricing yang melibatkan jasa Vodafone India tahun 2007.

 

"Kabinet telah memutuskan untuk tidak mengambil keputusan tergesa-gesa mengenai review pembicaraan konsiliasi dengan Vodafone," tambah pejabat itu.

 

Keputusan mengenai tawaran konsiliasi pada Vodafone mungkin harus diambil oleh pemerintah ITAT berikutnya, yang akan mendengar kasus transfer pricing dari 19 Maret, dan akan memakan waktu beberapa bulan untuk memutuskan jawaban dari sengketa tersebut.

 

Pada Juni 2013, kabinet telah menyetujui usulan Departemen Keuangan untuk berkonsiliasi dengan Vodafone untuk menyelesaikan sengketa pajak yang berkaitan dengan akuisisi saham Hutchison Whampoa di Hutchison Essar. Sementara permintaan pajak dasar adalah Rs. 7.990 crore, iuran yang luar biasa, termasuk denda dengan jumlah yang sama dan bunganya, berjumlah Rs. 20.000 crore.

 

Awal bulan ini, Departemen Keuangan mengedarkan catatan untuk berusaha menarik pembicaraan konsiliasi setelah Vodafone menuntut agar jumlah Rs. 3.700 crore transfer pricing ditutupi dengan kasus pajak capital gain.

 

Hal ini mengikuti catatan dari Bilateral Investment Promotion and Protection Agreement oleh Vodafone International Holdings BV kepada pemerintah atas sengketa pajak. Dikatakan amandemen akan menyebabkan Vodafone International Holdings mengalami kerugian finansial yang besar. (IMS)

 

Sumber: http://profit.ndtv.com/news/corporates/article-vodafone-conciliation-decision-after-transfer-pricing-row-ends-report-381819