Pertumbuhan Ekonomi AS Tahun Ini Diramalkan Cepat Membaik

Pertumbuhan Ekonomi AS Tahun Ini Diramalkan Cepat Membaik

Pertumbuhan ekonomi AS diramalkan berputar cepat tahun ini walaupun laju ekspansi tetap berada di bawah selama hampir lima tahun setelah resesi berakhir. Menurut ekonom akademik dan mantan pembuat kebijakan ekonomi, Martin Feldstein, 2014 akan menjadi tahun yang lebih baik. Profesor dari Harvard University dan ketua Dewan Penasihat Ekonomi di bawah Presiden Ronald Reagan ini di Philadelphia ini, kemarin (5/1) berujar: “Tidak ada alasan untuk merasa pesimis tentang masa depan jika kita mampu mengadopsi kebijakan yang tepat.”

 

Feldstein menunjuk pada laju penetapan kebijakan fiskal yang melambat dan peningkatan 8 miliar dolar pada kekayaan rumah tangga selama 12 bulan terakhir dari kenaikan saham dan harga rumah. Indeks Standard & Poor 500 naik 30 persen dibandingkan tahun lalu, yang merupakan kenaikan terbesar sejak tahun 1997, sementara harga rumah naik pada bulan Oktober dari tahun sebelumnya, menurut indeks S&P/Case-Shiller dari nilai-nilai yang berasal dari 20 kota.

 

JPMorgan Chase & Co. (JPM) adalah salah satu bank Wall Street yang berbalik lebih optimis, memprediksi bahwa ekonomi akan tumbuh sebesar 2,8 persen tahun ini, naik dari perkiraan 2,5 persen pada bulan lalu dan lebih dari kenaikan 1,9 persen di 2013.

 

Mantan Menteri Keuangan AS, Lawrence Summers, dan John Taylor dari Stanford University, menyepakati dalam wawancara bahwa pertumbuhan kuat tahun mungkin terjadi, walaupun akan ada bentrok dengan para pembuat kebijakan untuk mempercepat ekspansi. “Saya tidak ingin berdebat dengan Marty (Martin Feldstein) tentang keoptimisan tersebut, tapi saya pikir adalah sebuah kesalahan pula untuk mengatakan bahwa semuanya akan baik-baik saja,” ujar Summers, yang juga mengajar di Harvard University, pada konferensi tahunan American Economic Association.

 

Taylor, seorang mantan wakil Bendahara Negara, mengatakan pertumbuhan tahun ini “…akan sedikit lebih baik, namun hasilnya akan tetap mengecewakan saya”. Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, Summers dan Feldstein menganjurkan program peningkatan pengeluaran pemerintah untuk proyek-proyek infrastruktur seperti perbaikan jaringan transportasi.