Pertamina Tunjuk Muhammad Husen sebagai Dirut Sementara

Pertamina Tunjuk Muhammad Husen sebagai Dirut Sementara

PT. Pertamina, BUMN minyak dan gas telah menunjuk Direktur Pertamina Hulu Muhammad Husen sebagai Dirut menggantikan Karen Agustiawan yang mengundurkan diri bulan Agustus. Penggantian akan ditunjuk sampai ada keputusan tetap selanjutnya.

Menurut perwakilan Pertamina di bidang komunikasi perusahaan Ali Mundakir, perusahaan telah memberitahukan keputusan mereka pada Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan.

"Muhammad Husen akan berfungsi sebagai penjabat CEO Pertamina sampai pengganti yang tepat dipilih pada pertemuan pemegang saham berikutnya perusahaan," kata Ali (1/10).

Ali menjelaskan bahwa Husen akan melanjutkan tugasnya sebagai direktur Pertamina Hulu meskipun ada perubahan untuk posisi barunya.

Dia tidak merinci mengapa perusahaan memilih Husen, tetapi mengatakan bahwa lebih dari 60 persen dari laba perusahaan berasal dari sektor hulu.

Sementara itu, Komisaris Pertamina Bambang PS Brodjonegoro menyatakan bahwa Husen dipilih karena posisi senior di perusahaan dan fakta bahwa dia menangani sektor yang paling menguntungkan.

Mantan CEO Karen Agustiawan mengundurkan diri dari posisinya pada bulan Agustus dalam rangka untuk mengejar karir akademis mengajar di Harvard University di Amerika Serikat.

Pada masa pensiunnya di Oktober 1, dia adalah direktur perusahaan terpanjang, setelah menduduki posisi itu sejak tahun 2009. ***intan (Sumber: Okezone & Metrotvnews)