Perencanaan Pajak di Luar Negeri untuk Perseorangan

Perencanaan Pajak di Luar Negeri untuk Perseorangan

Apakah itu Perencanaan Pajak di Luar Negeri (Offshore)?

Jika seseorang tinggal atau bekerja di luar negeri, maka mereka terbuka untuk peluang perencanaan pajak di luar negeri. Ada manfaat yang didapatkan dari pajak luar negeri dan seseorang mungkin tak dapat memanfaatkan struktur pajak ini jika mereka bekerja di negara asalnya.

Kehidupan di masa sekarang telah membuka peluang bagi orang untuk meninggalkan negara asal mereka demi karir yang baik. Maka, untuk pekerja di luar negeri ada perencanaan pajak yang dapat dilakukan dan kegiatan perencanaan pajak tersebut dikenal sebagai perencanaan pajak offshore.

Perencanaan pajak offshore ini menawarkan banyak potensi penghematan pajak terutama karena seseorang memiliki investasi di daerah dimana ia berdomisili di luar negeri. Jika seseorang berinvestasi di luar negeri, maka keuntungan yang didapatkan dari investasi tersebut dapat tumbuh bebas pajak.

Penggunaan strategi pajak luar negeri yang baik dapat memungkinkan seseorang untuk mengelola pemulangan aset yang dimiliki secara lebih efisien ketika mereka berencana untuk kembali ke negara asalnya.

Perbankan di luar negeri terkadang juga menyediakan kesempatan penghematan pajak, tapi itu tergantung pada banyak faktor. Struktur pajak non-residen akan berbeda dengan struktur pajak yang dikenakan pada warga dan biasanya tarif pajak akan lebih rendah bagi para profesional yang berstatus non-penduduk.

Jika seseorang bukanlah penduduk dari negara tempat ia bekerja, maka pengenaan pajak penghasilan sebagian besar akan berbeda dengan pajak residen. Alasan utama untuk perbedaan ini adalah karena orang tersebut akan tetap membayar pajak di negaranya sendiri meskipun tidak tinggal dan menggunakan infrastruktur di negara asal tersebut.

Aturan perpajakan memang cukup kompleks, sehingga akan lebih baik untuk mencari lebih banyak informasi dari pihak profesional di negara yang bersangkutan. Pajak non-residen biasanya memiliki banyak pasal dan peraturan yang terlibat di dalamnya. Oleh karena itu, akan lebih baik untuk mendalaminya secara lebih akurat terlebih dahulu. ***intan (Sumber: Ezinearticles)