Penyidik Pagi Ini Periksa Abraham Samad dan Bambang Widjojanto

Penyidik Pagi Ini Periksa Abraham Samad dan Bambang Widjojanto

Hari ini Ketua nonaktif Komisi Pemberantasan Korupsi Abraham Samad dan Wakil Ketua nonaktif KPK Bambang Widjojanto, akan diperika oleh polisi terkait dengan kasus dan tempat yang akan dijalani oleh tersangka.

 

Bambang akan diperika penyidik Bareskim Mabes Polri sebagai tersangka dengan kasus dugaan memerintahkan memberikan kesaksian palsu dibawah sumpah saat menjadi pengacara pada persidangan sengketa pilkada Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, di Mahkamah Konstitusi pada 2010.

 

Sementara itu Samad dijadwalkan ulang untuk diperiksa hari ini setelah tidak hadir pada pemeriksaan pertama, Samad dijadwalkan melakukan pemeriksaan di Markas Polda Sulselbar.

 

Samad sebelumnya mangkir dari pemeriksaan pertama sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemalsuan dokumen administrasi atas nama Feriyani Lim, Menurut Samat ada yang aneh dengan surat pemanggilan dirinya sehingga ia urung hadir.

 

Dalam masing-masing kasus yang dihadapi oleh Bambang dan Samad, ada terjadi keanehan yang membuat pihak mereka melakukan protes, misalnya kasus Bambang, dalam surat pemanggilan pemeriksaan ketiganya ini, ada pasal baru yang dikenakan oleh penyidik Bareskim, yakni pasal 56 KUHP.

 

‎"Tiba-tiba ada pasal baru yang muncul. Pasal 56 tentang peran saya membantu melakukan. Saya tidak tahu kalau di setiap panggilan muncul pasal baru. Keputusan apa itu? Tapi saya harus tanya itu kepada penyidik," ujar Bambang, Minggu lalu.

 

Sedangkan dalam kasus Samad, ia merasa surat pemanggilannya janggal, dan ia tidak mau diperiksa di Mapolda Sulselbar, Namun dia baru mau diperiksa jika kepolisian melakukan pemeriksaan di Jakarta.

 

Perlu diketahui Abraham Samad disangkakan dengan Pasal 263 ayat 1 dan 2 KUHP subsider Pasal 264 ayat 1 dan 2 KUHP lebih subsider Pasal‎ 266 ayat 1 dan 2 dan atau Pasal 93 Undang-undang Nomor 23 tahun 2006 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan.***dasi(sumber: liputan6.com & detik.com)