Penyesuaian Fiskal Kanada Menjadi Pelajaran untuk Yunani

Penyesuaian Fiskal Kanada Menjadi Pelajaran untuk Yunani

Kanada saat ini adalah salah satu negara yang paling kuat secara fiskal di bumi, tapi itu tidak selalu terjadi. Dua puluh tahun yang lalu, negara itu tenggelam dalam utang dan defisit, dengan tingkat hutang yang sama dengan Yunani pada saat itu. Bagaimana Kanada berhasil menyembuhkan kelemahan fiskal dapat membantu menjelaskan jalan yang lebih berliku-liku pada tentang kesehatan fiskal.

Ditunjukkan dalam banyak grafik, Kanada dan Yunani mengalami peningkatan yang stabil dalam utang pemerintah dari awal 1980-an hingga pertengahan 1990-an. Pada tahun 1995, utang pemerintah bruto di kedua negara telah mencapai 100% dari PDB.

Utang Yunani tinggal lebih atau kurang pada tingkat tinggi, sampai terjadinya krisis keuangan baru-baru ini yang mendorongnya naik dengan tajam. Kanada memperkenalkan program pengendalian fiskal ambisius pada tahun 1995, yang menempatkan keuangan negara pada jalan yang membawa rasio utang atau PDB turun ke titik terendah dari 67% pada tahun 2007, sebelum krisis keuangan menyebabkan tren penurunan untuk mundur.

Hebatnya, program pengendalian Kanada mencapai target tanpa efek buruk pada hasilnya. Pertumbuhan ekonomi merosot sedikit selama tahun pertama, tapi kemudian dipercepat dan tetap kuat setelahnya.

Yunani juga telah membuat kemajuan luar biasa dalam menyeimbangkan pembukuannya selama empat tahun terakhir, namun kemajuan ini telah sangat mahal dalam hal hasil yang hilang dan pekerjaan yang menurun. Dan hutang Yunani terus naik karena ekonomi menyusut dengan cepat.

Apa yang menyebabkan perbedaan dalam pengalaman kedua negara? Yunani memulai penyesuaian fiskal dari posisi yang jauh lebih lemah, dan pengendalian fiskal seharusnya lebih kuat.

Sebuah mata uang yang terdepresiasi. Dolar Kanada turun dari 73 sen AS pada tahun 1995 menjadi 67 sen pada tahun 1998, membantu meningkatkan daya saing perekonomian Kanada dan memperkuat neraca perdagangan Kanada. Menjadi bagian dari Eurozone, Yunani tentu saja tidak memiliki pilihan untuk mendevaluasi mata uangnya untuk meningkatkan daya saing.

Tindakan yang diambil di tingkat pemerintah federal Kanada termasuk pengurangan 10% dari anggaran belanja program, penghapusan lebih dari 50.000 pekerjaan, privatisasi aset publik dan mengontrakkan layanan.

Serikat Pelayanan Publik menentang langkah-langkah ini, tapi tidak ada pemogokan, penghentian kerja atau usaha pemaksaan lainnya untuk menggagalkan pelaksanaan. Hal ini kemudian membantu merangsang konsumen dan pengeluaran investasi, mengimbangi penurunan pengeluaran pemerintah.

Karena konsolidasi fiskal Kanada pada 1990-an, perekonomian Kanada telah mengungguli perekonomian semua negara G-7 dalam pertumbuhan dan penciptaan lapangan kerja. Mereka melewati krisis keuangan terbaik dan keluar terlebih dahulu.

Pengalaman telah mengajarkan Kanada untuk menghargai kehati-hatian pada fiskal agar tidak tergelincir kembali ke defisit dan utang. Bagaimana, apakah Indonesia juga bisa melakukan hal ini? ***int (Sumber: Ekathimerini)