Penyelesaian Fiskal, Iker Casillas Bayar Pajak 25 Miliar

Penyelesaian Fiskal, Iker Casillas Bayar Pajak 25 Miliar

Penjaga gawang timnas Spanyol, Iker Casillas belum lama ini telah menyerahkan uang sebesar 1,6 juta euro (setara Rp 25 Miliar) kepada otoritas pajak Spanyol terkait tanggungan pajak yang dimilikinya.


Menurut konfirmasi sumber terdekat Iker yang tidak disebutkan namanya, menyatakan bahwa uang tersebut diserahkan sebagai bukti tidak ada pelanggaran atau niat melanggar pajak dari benteng terakhir tim Real Madrid tersebut


"Penyelesaian fiskal terhadap hak-hak citranya," ujar sumber itu.


Sebelumnya santer dikabarkan, Iker nunggak pajak. Fakta tersebut terungkap setelah otoritas pajak setempat melakukan audit ulang dan menemukan adanya kekurangan pembayaran pajak penghasilan atas nama Iker.


Namun dikutip dari media Katalan La Vanguardia, menulis otoritas pajak sendiri sejak awal tidak menemukan adanya indikasi niat penyelewengan pajak melainkan hanya tunggakan pajak.


"Itu adalah penyelesaian karena adanya perbedaan-perbedaan bagaimana menerapkan norma-norma. Tidak ada masalah apapun dengan Departemen Keuangan dan terdapat peluang kesepakatan dapat dicapai," terang narasumber tersebut.


Selain telah melunasi kewajiban pajaknya, Iker dan juga perusahaan yang ia dirikan “Ikerca” telah mengaudit kembali data pajaknya agar ke depan tak terjadi permasalahan serupa.


Selain Iker Casillas juga ada sejumlah nama punggawa sepakbola seperti pemain depan Atletico Madrid David Villa dan pemain Real Madrid Xabi Alonso yang mendapatkan audit kewajiban pajaknya.


Demikian juga dengan megabintang Barcelona, Lionel Messi yang dikabarkan sedang tersandung kasus penggelapan pajak. Meskipun telah membantah keras dan menyelesaikan tunggakan sebesar 5 juta euro, kasus tersebut dipastikan tetap akan naik ke persidangan pada September 2014 mendatang. ***mjd (sumber Antaranews)