Pengamat Internasional : Indonesia Bisa Gabung BRICS

Pengamat Internasional : Indonesia Bisa Gabung BRICS

Sebagaimana dilansir dari lini berbahasa Spanyol konglomerasi media asal rusia, actualidad.rt.com, para pengamat internasional memprediksi bahwa dalam waktu dekat Argentina dan Indonesia bisa bergabung dengan negara negara berkembang kelas berat dalam BRICS (Brasil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan).

Menurut portal 'Marco Trade News' mengutip direkturnya yang juga  bertindak sebagai peneliti dari Institut Far Eastern Academy of Sciences Sergey Luziakin, kemungkinan penggabungan negara-negara tersebut untuk bergabung mengikuti logika regional dan akan dibahas di puncak kelompok BRICs pada bulan Juli.

Menurut Luziakin, keterwakilan Amerika Latin di BRICS oleh Brazil dan China di kawasan Asia tidak memadai, dan ini "membuka jalan bagi penggabungan Argentina dan Indonesia."

"Secara obyektif, dilihat dari beberapa parameter regional dan ekonomi, politik, logistik, Indonesia harus dimasukkan dalam kelompok BRICS," jelas prediksi ahli tersebut dalam konferensi video dengan kantor berita Tass.

"Berbicara tentang Amerika Latin, sangat mungkin bahwa kehadiran Brasil tidak cukup untuk BRICS. Beberapa ahli berbicara tentang Argentina," tambahnya.***Red (RT)