Pemda Tangerang: Pajak Kos-Kosan Berlaku untuk 10 Kamar ke Atas

Pemda Tangerang: Pajak Kos-Kosan Berlaku untuk 10 Kamar ke Atas

Fiskal.co.id, Tangerang – Kali ini para pemilik kos yang ada di daerah Tangerang harus mulai menata lagi biaya pengeluarannya. Pasalnya Pemda Tangerang telah mengumumkan akan diberlakukannya pajak usaha kos yang sebenarnya sudah ada sejak beberapa waktu yang lalu.


Usaha kos memang telah berkembang cukup subur saat ini. Dengan makin banyaknya pusat keramaian dan kebutuhan publik praktis makin meningkatkan kebutuhan akan tempat tinggal yang memadai. Kos menjadi alternative yang paling menguntungkan bagi kebanyakan warga di kota besar layaknya Tangerang.


Menurut Herry Rumawatine, Ketua DPRD Kota Tangerang pada Selasa (28/1/2014) menyatakan, penerapan kebijakan pajak terhadap usaha kos ini merupakan salah satu usaha dari pemda untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah atau PAD pada tahun 2014. Tentunya dengan adanya tambahan dana segar dari pajak tersebut akan menambah pundi-pundi kas daerah yang dapat digunakan untuk keperluan yang lain.


Ia menambahkan bahwa sebenarnya kebijakan ini sudah termaktub pada Perda no 7/ tahun 2010, namun dari penerapannya sama sekali belum maksimal. Oleh karena itu saat ini pemda ingin lebih mengoptimalkannya lagi.

 

Dikonfirmasi mengenai keadaan kos yang akan dikenai pajak, pihaknya menyatakan bahwa usaha rumah kos yang ada mendapatkan pajak dengan besaran mencapai 25% tersebut adalah kos yang memiliki minimal 10 kamar. Sedangkan kurang dari itu, masih aman dari pajak.

 

Saat ini makin padatnya penduduk di Tangerang, jumlah kos-kosan yang ada pun berjumlah cukup banyak dan daerah yang terbanyak yaitu terletak di Kecamatan Neglasari dan Jatiuwung. [mjd]