PD Pasar Jaya Kini Ditugasi Gubernur Jual Daging Eceran

PD Pasar Jaya Kini Ditugasi Gubernur Jual Daging Eceran

Sehubungan dengan rencana intensifikasi kemandirian produk daging, Pemerintah Daerah DKI Jakarta berencana menugaskan Perusahaan Daerah (PD) Pasar Jaya sebagai pengelola bisnis ritel daging Jakarta. Penunjukan tersebut diputuskan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Joko “Jokowi” Widodo.


"Ini pertama kalinya kami melaksanakan tugas sebagai retail," tandas Direktur Utama PD Pasar Jaya Djangga Lubis, Minggu (4/5/2014) kemarin.

 

Terkait dengan keputusan itu, Djangga sendiri menyatakan pihaknya telah siap melaksanakan tugas sebagai penyuplai daging untuk seluruh Jakarta.


"Kami sudah MoU (memorandum of understanding) dengan Lampung (PD Wahana Raharja) untuk dagingnya," jelasnya.


Usaha ini merupakan langkah antisipatif Pemda Jakarta terhadap pemasalahan kelangkaan daging di pasaran. "Kalau daging langka, harga bisa melonjak," tambah Djangga. 

 

Oleh karena itu pihaknya akan terus mengupayakan ketersediaan daging agar tak terjadi pelonjakan harga.


Penunjukan PD Pasar Jaya sendiri merupakan yang pertama untuk bisnis ritel produk pangan. Karena itu saat ditanya target ke depan, Djangga masih belum bisa memberikan gambaran jelas bagaimana target jangka panjangnya.


PD Pasar Jaya merupakan unit Badan Usaha Milik Daerah yang dulunya sempat macet dan merugi hingga Rp 4 miliar. Namun bersama upaya meningkatkan ketahanan pangan di Jakarta, Pemda Jakarta juga ingin memperbaiki citra perusahaan daerah tersebut.


Sebelum mengurusi usaha ritel produk daging, PD Pasar Jaya bergerak di bisnis properti dan sewa kios. ***mjd (sumber Tempo)