Pansel Dirjen Pajak Hilangkan Syarat Eselon II Minimal 4 Tahun

Pansel Dirjen Pajak Hilangkan Syarat Eselon II Minimal 4 Tahun

Kabar gembira untuk calon peserta seleksi terbuka jabatan direktur jenderal (Dirjen) Pajak. Pasalnya panitia seleksi (pansel) sedikit melonggarkan prasyarat pendaftaran bagi peserta lelang.

 

Jika sebelumnya kandidat dirjen diharuskan berasal dari pejabat eselon II yang sekurang-kurangnya telah menjabat selama 4 tahun, kini pasal itu dihilangkan. Dikutip dari situs resmi direktorat jenderal pajak (DJP) http://www.kemenkeu.go.id/PENG/seleksi-terbuka-pengisian-jabatan-pimpinan-tinggi-madya-eselon-ia-dan-ib-di-lingkungan bunyi persyaratan administratif Dirjen Pajak itu diantaranya ialah:

 

“Berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (poin 2.a) dan Sekurang-kurangnya memiliki pangkat Pembina Utama Muda (Gol. IV/c) untuk jabatan Direktur Jenderal Pajak serta telah menduduki jabatan struktural Eselon II bagi pejabat struktural, atau bagi pejabat fungsional dengan pangkat minimal Pembina Utama Muda (Gol. IV/c)”

 

Pengamat perpajakan, Prastowo Justinus mengapresiasi langkah pansel dirjen pajak yang telah menghilangkan sebagian syarat tersebut karena akan membuka peluang yang lebih kompetitif.

 

Dengan demikian sambung Prastowo, diharapkan seleksi akan menghasilkan kualitas dirjen yang kompeten, berintegritas dan teruji.

 

“Kita patut mengapresiasi pengumuman Panitia Seleksi Jabatan Dirjen Pajak dan lainnnya yang akhirnya menghilangkan syarat harus menduduki jabatan eselon 2 sekurang-kurangnya 4 tahun. Dengan demikian sekarang lebih kompetitif dan peluang mendapatkan dirjen pajak yang kompeten, berintegritas dan teruji lebih terbuka. Selamat bekerja untuk Pansel dan selamat berpartisipasi bagi yang memenuhi syarat,” ujar Justinus dalam akun facebooknya, Rabu (19/11).

 

Pemerintah melalui kementerian keuangan membuka lelang jabatan dirjen pajak, kepala badan kebijakan fiskal (BKF) dan staf ahl Menkeu mulai tanggal 12 November 2014 dan berakhir pada Senin, 24 November 2014 dengan tata cara pendaftaran online melalui website www.seleksijabatan-terbuka.kemenkeu.go.id atau melalui PO BOX 1000 JKP 10000 paling lambat tanggal 24 November 2014 (cap pos)