Optimis, Ekonomi ASEAN Bisa Kalahkan Jepang

Optimis, Ekonomi ASEAN Bisa Kalahkan Jepang

United Overseas Bank (UOB) memprediksi bahwa ekonomi Asia Tenggara akan bisa mengalahkan ekonomi Jepang pada tahun 2025 nanti. Hal ini mereka tuangkan dalam laporan yang memprediksi bahwa hal ini didorong oleh terbentuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan dimulai pada 2015 mendatang.

"Faktor domestik seperti pertumbuhan populasi dan peningkatan golongan masyarakat kelas menengah di Asia Tenggara akan membuka jalan bagi visi MEA terkait pasar dan platform produksi terintegrasi," ujar Suan Teck Kin dan Francis Kan, ekonom UOB Sabtu (27/9).

Selain itu, ditambahkah pula bahwa factor perdagangan dan hubungan yang lebih besar dengan China, negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia, akan lebih positif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Asia Tenggara.

Produk domestik bruto (PDB) yang dihasilkan negara-negara ASEAN adalah 2,4 triliun dollar AS dengan populasi yang mencapai lebih dari 600 juta orang. Adapun Jepang saat ini merupakan negara dengan ekonomi terbesar ketiga dunia.

Jepang mencetak nominal PDB sebesar 4,9 triliun dollar AS. Dinyatakan dalam laporan UOB bahwa ASEAN hanya akan butuh untuk tumbuh sebesar dua per tiga dari pencapaian di 2011 dan 2013 agar bisa mengalahkan Jepang di 2025 mendatang.

"Kami yakin proyeksi kami dapat dicapai, seiring perkembangan di kawasan tersebut, termasuk mulai masuknya Myanmar ke komunitas internasional, pemilihan presiden di Indonesia, dan kembalinya stabilitas di Thailand," lapor UOB. ***intan (Sumber: Kompas)