Mengenal Apa itu Mobile Commerce

Mengenal Apa itu Mobile Commerce

Juga dikenal sebagai m-commerce, mobile commerce adalah kegiatan membeli dan menjual barang dan jasa melalui penggunaan telepon seluler atau mobile, atau smartphone.

Sejak munculnya layanan mobile yang mencakup kemampuan untuk mengirim dan menerima pesan teks, serta akses dan browsing internet, bahkan NFL atau near field communication, maka sejumlah perusahaan telah mengembangkan cara untuk menyediakan konsumen dengan kesempatan untuk membeli produk yang menggunakan layanan seluler mereka sebagai medium.

Dalam beberapa kasus, pembelian dibebankan langsung pada rekening ponsel, sementara yang lainnya dikelola dengan mengumpulkan data melalui pesan teks, dan menerapkan biaya ke rekening bank atau kartu kredit, atau melalui bit NFL.

Salah satu inovasi terbaru dalam mobile commerce adalah kemampuan untuk mengamankan pinjaman jangka pendek melalui SMS provider.

Pendekatan khusus ini telah menjadi semakin populer di kalangan penyedia hari bayaran pinjaman di Inggris dan beberapa negara lain. Proses ini melibatkan tidak lebih dari membangun account dengan pemberi pinjaman, kemudian meminta pinjaman melalui teks.

Jika disetujui, dana dari pinjaman ini langsung ke rekening bank peminjam, dan sering diakses untuk digunakan segera.

Mobile commerce juga merupakan cara yang semakin populer untuk mengelola tugas-tugas seperti membeli tiket acara olahraga atau hiburan bioskop.

Seperti dengan pinjaman, transaksi tersebut dikelola dengan menggunakan pesan teks.

Sebagai contoh, pengguna dapat memesan dan membayar tiket untuk pertandingan sepak bola menggunakan metode ini, kemudian mendapatkan tiket langsung di stadion olahraga untuk ambil atau dikirim melalui kurir ke alamat tertentu, atau dibuat tersedia untuk di printout sendiri pada komputer rumah kapanpun juga.

Beberapa vendor saat ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran pada rekening revolving dengan penggunaan mobile commerce. Sebagai contoh, pengguna dapat terhubung dengan penyedia kartu kredit, mengidentifikasi berapa banyak yang ia ingin bayarkan, termasuk dalam wewenang penarikan pembayaran dari rekening bank tertentu, dan menerima pesan teks dengan mengkonfirmasikan transaksi bahwa semuanya telah diproses.

Di beberapa negara di seluruh dunia, pemberi pinjaman juga memungkinkan pembayaran mobile commerce dengan jalan kreditan, termasuk kredit mobil, dan jenis-jenis instrumen utang, di Indonesia malah bisa membayar pajak, dan membeli paket listrik.

Ide mobile commerce adalah perpanjangan alami dari solusi perdagangan elektronik yang berkembang setelah Internet dibuat tersedia secara luas untuk konsumen.

Seiring waktu, peluang untuk melakukan pembelian dan membayar tagihan menggunakan perangkat mobile cenderung untuk diperluas di luar aplikasi.

Dan vendor pun mulai menemukan cara untuk semakin menjamin keamanan transaksi, mobile commerce jelas sudah menjadi pilihan umum untuk melakukan transaksi.***Fy (sumber WiseG)