Menanti Nahkoda Fiskal, Siapakah Menkeu Baru Kanada?

Menanti Nahkoda Fiskal, Siapakah Menkeu Baru Kanada?

OTTAWA - Perdana Menteri Stephen Harper tiba-tiba menatap ketidakpastian politik setelah kehilangan permata dalam kabinetnya. Jim Flaherty, mengumumkan pengunduran dirinya Selasa (18/03/2014), adalah satu-satunya menteri keuangan yang pemerintahan Tories Harper pernah tahu. Ia menyampaikan 10 anggaran bagi pemerintah dan memandu negara melalui resesi 2008-09.

 

Dan sekarang, hanya setahun sebelum pemilu berikutnya, Harper harus memilih pengganti dan berharap orang yang membawa pesan yang sama dengan kredibilitas baik di pemilih dan pasar.Flaherty meninggalkan kas federal dengan kelebihan menjulang sebesar $ 6,4 miliar pada tahun 2015-16 setelah beberapa tahun berada di bagian merah.

 

Pada saat yang sama, ia telah menimbulkan perdebatan mengenai apakah janji yang tak terpenuhi. "Saya terkejut," kata Essex MP, Jeff Watson Star. "Saya tidak yakin bahwa siapa pun akan membayangkannya."

 

Watson mengatakan dia memahami mengapa Flaherty, yang baru-baru ini berurusan dengan masalah kesehatan, mungkin ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarganya setelah 20 tahun berada dalam dunia politik. Tapi dia menyebut kepergian Flaherty itu merupakan kerugian untuk Kanada dan Essex County.

 

"Menyedihkan untuk melihat dia pergi," kata Watson yang adalah seorang Tory Youth ketika ia pertama kali bertemu Flaherty. "Dia telah menjadi menteri keuangan yang baik untuk daerah ini, pasti, apakah itu untuk industri otomotif atau bahkan pada masalah pribadi saya seperti membuat adopsi pada hasil yang lebih terjangkau.Ia telah menjadi tangan yang stabil."

 

Meskipun dia tidak tahu siapa yang akan menggantikan Flaherty, Watson mengatakan, dia pikir Menteri Luar Negeri John Baird memiliki gambaran yang bagus di portofolio. Watson juga mengatakan ia bisa melihat mengapa beberapa orang mengatakan menteri keuangan berikutnya adalah Menteri Sumber Daya Alam Joe Oliver. Beberapa media yang melaporkan bahwa Oliver sedang diminta untuk menemui Perdana Menteri baru-baru ini.

 

Menteri keuangan berikutnya punya waktu kurang dari satu tahun untuk menyusun anggaran yang dibawa Harper Tories dalam kampanye berikutnya sebagai tiket mereka untuk pemilihan umum ke depan. (IMS)

 

Oleh Mark Kennedy di http://blogs.windsorstar.com/2014/03/18/who-will-run-canadas-fiscal-ship/