Malaysia Berharap Satu Meja dengan Indonesia Entaskan Masalah Ilegal Fishing

Malaysia Berharap Satu Meja dengan Indonesia Entaskan Masalah Ilegal Fishing

para pejabat alaysia siap untuk satu meja berdiskusi dengan para pejabat Indonesia terkait laporan adanya satu kapal penangkap ikan berbendera Malaysia ditenggelamkan oleh otoritas TNI AL karena melakukan kegiatan penangkapan ikan secara ilegal di perairan Indonesia kemarin.

Sebagaimana di kutip kantor berita Malaysia Bernama, Malaysia tidak dalam posisi memprotes, tetapi berharap ada pemberitahuan. "Meskipun mengakui bahwa tindakan yang dilakukan oleh otoritas republik sesuai dengan hukum nasional dan peraturan Indonesia yang relevan, Kementerian Luar Negeri Malaysia berharap bahwa pemerintah Indonesia bisa bertindak dengan itikad baik sepenuhnya serta menjamin kesejahteraan nelayan dalam menangani jenis insiden ini di masa depan," rilis dari Kementerian Luar Negeri dalam sebuah pernyataan hari Sabtu (10/01/2015).

Kementerian Luar Negeri Malaysia juga menekankan bahwa pemerintah Malaysia tidak akan absen mengingatkan para nelayan asal Malaysia untuk memastikan kegiatan penangkapan ikan tetap dilakukan di perairan Malaysia dan sesuai dengan hukum laut yang berlaku.

Sebagaimana diketahui, kapal
berbendera Malaysia dengan nomor PKFA 7738 dilaporkan ditenggelamkan oleh pihak berwenang Indonesia setelah ditentukan nasibnya oleh Pengadilan Negeri Medan karena melakukan kegiatan penangkapan ikan secara ilegal di perairan Indonesia di lepas pantai Pulau Pandang, Sumatera Utara.***Red (Mysinchew)