Lima Kebiasaan Mengatur Uang yang Sederhana, Namun Cerdas

Lima Kebiasaan Mengatur Uang yang Sederhana, Namun Cerdas

Tidak ada yang menyangkal bahwa disiplin keuangan adalah hal yang penting dalam mengatur finansial.

Namun beberapa orang melupakan kebiasaan uang sederhana yang dapat meningkatkan stabilitas keuangan dari segi pemasukan dan pengeluaran. Padahal, jika dikelola dengan baik, hal ini dapat berdampak positif dalam meningkatkan rekening bank dan membantu untuk menciptakan kehidupan keuangan yang lebih stabil.

Berikut disajikan lima tips yang akan membantu untuk mengatur keuangan dengan sederhana namun cerdas.

  1. Perhatikan setiap aspek keuangan dengan teliti. Perhatikan kebiasaan belanja dan batasi pembelian impulsif. Cobalah untuk membuat keputusan rasional dalam proses pembelanjaan mengenai apa yang mampu dan butuh untuk dikonsumsi. Strategi ini akanmembantu agar lebih memberikan perhatian terhadap anggaran bulanan, membuat daftar sebelum berbelanja, sampai benar-benar memerlukan dan membutuhkannya.

  2. Awasi transaksi keuangan dengan waspada, tidak peduli seberapa kecilnya. Bila berbelanja, perhatikan pembayaran yang dilakukan karena kemungkinan munculnya kesalahan pasti ada. Pastikan harga dan pembayarannya sesuai dan pantau pengeluaran secara berkala.

  3. Perlakukan uang dengan hormat, sehingga membuat Anda pun merasa sulit untuk menyalahgunakannya. Simpan dengan hati-hati dan lacak apa yang dimiliki. Simpan uang kembalian dalam sebuah wadah dan bisa-bisa mereka akan menumpuk dalam jumlah yang besar pula nantinya.

  4. Gunakan kartu dengan benar. Penggunaan kartu kredit yang keliru banyak menjadi kefatalan yang berakibat pada sistem keuangan personal yang buruk. Dalam perekonomian saat ini, bila tidak bisa melakukan transaksi tunai, maka perhatikan penggunaan kartu. Catatlah berapa yang digunakan dalam setiap transaksi dan jangan hanya bergantung pada laporan bulanan saja. Batasi pengeluaran kartu kredit dan bahkan, tinggalkan kartu di rumah untuk menurunkan kemungkinan penggunaannya.

  5. Kendalikan diri sendiri. Hal terpenting dalam mengelola keuangan adalah upaya pengendalian diri sendiri. Fokus pada hal-hal yang secara perlu dan butuh saja. Apakah perlu makan di luar? Belanja pakaian baru? Berlibur? Apabila hal ini memang diperlukan, barulah buat keputusan dengan penggunaan uang.

Semoga lima tips di atas dapat membantu untuk membangun dasar keuangan yang lebih efektif. ***intan (Sumber: Ezinearticles)