Lenovo Siap Bangun Pabrik Perakitan di Indonesia

Lenovo Siap Bangun Pabrik Perakitan di Indonesia

Investor Cina semakin bersemangat melirik potensi pasar teknologi dan smartphone yang dimiliki Indonesia. Salah satunya perusahaan teknologi asal Cina, Lenovo. Perusahaan asal negeri panda tersebut, tertarik untuk membangun pabrik perakitan di Indonesia. Menurut MBG Country Head Lenovo Smartphone Indonesia Adrie M. Suhadi mengatakan, Lenovo berniat membangun pabrik perakitan di Indonesia dengan menggandeng sejumlah pihak. 

 

"Mengenai pabrik nanti akan menyusul, untuk saat ini kami akan mencari mitra dan melakukan perakitan terlebih dahulu," ujarnya di Jakarta, belum lama ini.

 

Sampai saat ini, Adrie mengungkapkan penjualan produk lenovo secara global telah meningkat dengan signifikan. “Saat ini kami telah menempati posisi ketiga secara global,” ujarnya. Begitu juga dengan penjualan gadget mereka di Indonesia, Adrie mengatakan, penjualan di Indonesia terus naik dari tahun ke tahun. 

 

Sedangkan untuk shipment global lanjut Adrie, berdasarkan Year on Year tumbuh hingga 450%. Tahun fiskal lalu, produsen ponsel asal China ini mencatat shipment sekitar 76 juta ponsel secara global terangnya. 

 

Adrie juga menyebut bahwa, untuk mendapatkan izin membangun pabrik ini, Lenovo siap mempertimbangkan standar Lenovo serta menyesuaikannya dengan peraturan dari pemerintah. Dia bahkan menyebut siap jika memang ada tambahan peraturan soal tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) dalam ponsel yang akan didistribusikan.

 

"Kami sanggup. Ditambah, peraturan tersebut juga pasti bisa dilakukan secara bertahap. Karena kan kami masih ingin bermain di pasar Indonesia," katanya.

 

Namun sayangnya, Adrie tidak menyebutkan secara spesifik dana investasi yang akan disiapkan untuk membangun pabrik perakitan tersebut. *** kny (bisnis)