Lebih Pilih Jokowi, Luhut Mundur Dari Golkar,

Lebih Pilih Jokowi, Luhut Mundur Dari Golkar,

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar, Luhut Binsar Panjaitan resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai petinggi Golkar. Tak sejalan dengan dengan induk partainya yang merapat pada kubu capres Prabowo, Luhut kini lebih pilih mundur dan mendukung capres Jokowi.


Capres PDI-P Jokowi pun telah menkonfirmasi kebenaran hal tersebut.


"Sejak awal Pak Luhut memang membantu kita banyak. Dalam mengorganisasi relawan, organisasi tim, sebelum tim ini terbentuk. Dari awal, sejak deklarasi," kata Jokowi di Grand Sahid Jaya, Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (21/5/2014) 


Jokowi melihat faktor terbesar mantan jendral tersebut mendukung dirinya adalah lebih dikarenakan adanya sosok Jusuf Kalla yang menjadi pasangan cawapresnya.


Namun sejak awal pengukuhan dirinya sebagai capres usungan PDI-P, Jokowi mengaku Luhut memang telah berkontribusi banyak. Salah satunya memberikan gambaran perhitungan soal pemenangan dirinya pada Pilpres 9 Juli mendatang. 


"Pak Luhut juga memberikan hitung-hitungan soal kemenangan kami. Makanya ikut tim sukses," ujar Jokowi. 


Terkait dengan tim sukses pemenangan kubunya, hingga saat ini Jokowi memang belum mengeluarkan nama ketua tim tersebut. Dan santer dikabarkan Luhut yang paling berpeluang mengisi kursi kosong tersebut. 


"Mungkin hari ini diumumkan siapa yang jadi ketua timses. Sabar saja," katanya. 


Dikesempatan lain, Luhut yang ditanya perihal dukungan yang diberikan pada Jokowi memberikan tanggapan sudah lama mengenal capres Prabowo.


"Karena tahu Prabowo, makanya saya dukung Jokowi. Kita kenal Pak Prabowo, jadi tahu banyak. Dia pernah menjadi wakil saya, lebih kurang lima atau enam tahun. Jadi saya tahu A sampai Z tentang beliau," ujarnya di Kuningan, Jakarta, Selasa (20/5/2014)


Luhut sendiri pernah menjabat sebagai menteri perindustrian dan perdagangan pada pemerintahan Gus Dur.


Ia juga merupakan mantan Jendral TNI dengan predikat lulusan terbaik akademi militer 1970. Berkarir di tubuh TNI, Luhut dikenal sebagai salah satu pimpinan awal dan inisiator Detasemen 81 anti terror. ***mjd (sumber Viva.co.id dan Jawaban.com)