Korea Selatan Berhasil Mengedukasi Rakyatnya Untuk Taat Pajak

Korea Selatan Berhasil Mengedukasi Rakyatnya Untuk Taat Pajak

Pemerintah Korea Selatan berhasil mengedukasi masyarakat-nya untuk taat membayar pajak. Terbukti pada tahun 2015 ini, perolehan pajak Korsel meningkatk cukup signifikan. Berdasarkan laporan dari Departemen Keuangan Korea Selatan yang dirilis pada hari Selasa (22/12), terjadi peningkatan pendapatan pajak sampai dengan bulan Oktober lalu dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2014.

 

Kementerian Keuangan mencatat bahwa mereka telah mengumpulkan sejumlah besar pajak penghasilan yang dihasilkan dari peningkatan transaksi real estate. Tahun ini saja, ₩6,7 triliun berhasil didapatkan dari pajak penghasilan dan ₩2,8 triliun didapat dari pajak perusahaan. Pajak lainnya seperti pajak konsumsi individu yang dikenakan pada cukai rokok telah meningkat ₩3,9 triliun .

 

Peningkatan sejumlah pajak ini membuat penerimaan pajak nasional Korsel dari Januari hingga Oktober mencapai ₩192,5 triliun , ini ₩14,9 triliun lebih tinggi dibandingkan penerimaan pajak tahun lalu.

 

Secara keseluruhan sampai bulan Oktober, pemerintah Korsel mencatatkan pendapatan pajak sebesar 89,2 persen dari target pajak. Dan hingga akhir tahun diharapkan akaj mampu mencapai 100 persen. Jika ini berhasil maka akan menjadi yang pertama dalam empat tahun terakhir. 

 

Namun sayangnya, meskipun pendapatan pajak meningkat signifikan, neraca pendapatan fiskal Korea Selatan mengalami defisit, namun defisit fiskal ini tidak termasuk dana jaminan sosial seperti dana pensiunan nasional. Neraca pendapatan fiskal mengalami defisit sebesar ₩32,5 triliun besaran ini membengkak dibandingkan tahun lalu yang hanya beberada dikisaran ₩ 6,9 triliun. *** kny ( vibiznews)