Kecanduan Koneksi Internet 4G? Penemu Koneksi Itu Orang Indonesia Loh

Kecanduan Koneksi Internet 4G? Penemu Koneksi Itu Orang Indonesia Loh

Apakah saat ini kalian tengah tergila-gila dengan kecepatan koneksi internet berbasis 4G-LTE (Long Term Evolution)

 

Ya, tak dapat dipungkiri saat ini beberapa vendor Broadband nasional memang tengah berlomba-lomba menawarkan konsumennya, koneksi internet cepat berbasis 4G-LTE. Lalu taukah kalian, jika penemu frekuensi 4G-LTE ini adalah salah seorang putra asli Indonesia.

 

Dia adalah,Dr. Eng. Khoirul Anwar, pria kelahiran Kediri 1978 inilah penemu sekaligus pemilik paten teknologi 4G berbasis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing). Dirunut berdasarkan pendidikannya, putra pasangan (almarhum) Sudjiarto dengan Siti Patmi ini adalah alumni Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung (ITB) dan lulus dengan predikat cumlaude pada tahun 2000.

 

Setelah berkarir di sebuah perusahaan berbasis IT di Jakarta selama sekitar dua tahun, Khoirul kemudian melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di Nara Institute of Science and Technology (NAIST) dan memperoleh gelar M. Eng pada tahun 2005 serta Dr. Eng pada tahun 2008.

 

Saat ini, Khoirul Anwar menjadi seorang Dosen sekaligus peneliti yang bekerja di laboratoriom Information Theory and Signal Processing, Japan Advanced Institute of Science and Technology, Jepang. Ia tinggal Bersama istrinya, Sri Yayu Indriyani dan tiga putra tercintanya, di Nomi, Ishikawa, Jepang tak jauh dari tempat kerjanya. 

 

Meskipun hidup dan membesarkan namanya di Jepang, nakun Khoirul mengungkapkan, dirinya bercita-cita suatu saat nanti dia akan pulang kekampung halamannya di Indonesia. 

 

Penghargaan: 

1). Best Paper untuk kategori Young Scientist pada Institute of Electrical and Electronics Engineers Vehicular Technology Conference (IEEE VTC) 2010-Spring yang digelar 16-19 Mei 2010, di Taiwan. 

 

2). Best Student Paper Award of IEEE Radio and Wireless Symposium (RWS), di California, 2006.

 

3). Penghargaan di bidang Kontribusi Keilmuan Luar Negeri oleh Konsulat Jenderal RI Osaka pada tahun 2007.

 

*** kinaya (wikipedia, bio.or.id, majalah inovasi)