Kapolri Pilihan Jokowi, Jadi Tersangka KPK!!!

Kapolri Pilihan Jokowi, Jadi Tersangka KPK!!!

Hal yang mengejutkan terjadi pada Calon Kepala Polisi Republik Indonesia (Polri) Budi Gunawan (BG). Calon pilihan Presiden Joko Widodo yang diajukan oleh Kompolnas ini hari ini, Selasa, 13/1/2015 ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka kasus rekening gendut. 

 

KPK menangkap Budi Gunawan karena memiliki rekening gendut yang mencurigakan serta terindikasi melakukan korupsi saat menjabat sebagai biro kepala pembinaan karir. 

 

"Komjen BG tersangka kasus Tipikor saat menduduki kepala biro kepala pembinaan karir," kata Ketua KPK Abraham Samad dalam jumpa pers di Kuningan, Jakarta, Selasa (13/1/2015).

 

Samad menjelaskan, KPK telah melakukan penyelidikan terhadap kasus ini selama kurang lebih enam bulan yang lalu. "KPK telah melakukan penyidikan setengah tahun lebih terhadap transaksi mencurigakan, BG" ujar samad.

 

Budi Gunawan (BG) diduga melanggar Pasal 12 a atau b, Pasasl 5 ayat 2, Pasal 11 atau Pasal 12 B UU Nomor 31 tentang Pemberantasan Tipikor juncto Pasal 55 ayat 1 KUHP. Dugaan rekening gendut yang menyeret calon Kepala Kapolri ini memang telah lama berhembus, bahkan sejumlah pengamat menyayangkan penunjukan Budi Gunawan sebagai Calon Kepala Polri oleh Presiden Jokowi.

 

Sejumlah orang, scara beramai-ramai menuliskan petisi dan menggalang dukungan di jejaring sosial facebook dengan nama "Tolak Budi Gunawan Sebagai Kepala Kapolri". Petisi ini telah mendapatkan banyak dukungan dari masyarakat. Selain KPK, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) juga siap menunjukkan rekap data keuangan Budi Gunawan kepada publik. *** kinaya (tempo)