Jokowi Danai Pariwisata Lombok Rp 1,8 T

Jokowi Danai Pariwisata Lombok Rp 1,8 T

Presiden Jokowi menyatakan bahwa pihaknya akan mendanai pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Mandalika, Kuta Lombok Tengah, NTB, sebesar Rp 1,8 triliun. KEK Mandalika adalah proyek yang terhenti pembangunannya sejak pembebasan lahan dimulai pada tahun 1987.


“Kita suntik tahun ini Rp250 miliar, tahun depan Rp1,8 triliun. Bulan Agustus nanti ada groundbreaking hotel, berarti sudah mulai bergerak,” katanya dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Jumat (10/4).


Jokowi menilai, infrastruktur dasar di sektor industri pariwisata Tanah Air harus bisa dikembangkan. Menurutnya, setidaknya dibutuhkan dana investasi sebesar Rp 36 triliun untuk membangun infrastruktur di kawasan tersebut.

“Rp 1,8 triliun itu untuk membangun infrastruktur dasar, nantinya kami harapkan ada investor yang masuk dan siap membangun infrastruktur pendukung kawasan itu yang diperkirakan butuh investasi hingga Rp 36 triliun,” jelasnya.


Pengembangan KEK tersebut, lanjut Jokowi, diyakini mampu menyerap tenaga kerja hingga 8.000 orang.


Jokowi menambahkan, sudah ada investor asal Tiongkok yang menyatakan ketertarikannya untuk berinvestasi di kawasan tersebut.


“Investor dari Tiongkok sudah menyatakan minatnya membangun pariwisata Mandalika. Target pemerintah, pengembangan wisata disini bisa menyerap 8 ribu tenaga kerja langsung dan memberi manfaat tambahan bagi Lombok,” katanya.***San (Sumber: Cnnindonesia.com & Bisnis.com)