Jokowi Blusukan di Jakarta Timur, Pantau Pembangunan Waduk Baru

Jokowi Blusukan di Jakarta Timur, Pantau Pembangunan Waduk Baru

Tak ambil pusing dengan isu pencalonannya yang telah disetujui oleh Megawati, Jokowi masih sibuk dengan program kerja Jakarta Baru. Kamis (06/03) Jokowi tampak meninjau pembangunan tiga waduk baru di Cipayung Jakarta Timur yang dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta.

 

Waduk tersebut salah satunya berlokasi di  RT 02 RW 01 Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, dan saat Jokowi berada dilokasi, sudah terlihat pemandangan tujuh eskavator yang tengah mengeruk tanah.

 

Selain yang di Pondok Rangon, masih ada dengan dua waduk lainnya juga tengah di buat bersamaan, di mana luas masing masing dari ketiga waduk itu 11,5 hektare, lima hektare, dan tiga hektare. Ketiga waduk tersebut diproyeksikan akan mampu menampung 550 ribu kubik air. Dan pada akhirnya bisa mengurangi banjir di kawasan Cipayung, utamanya wilayah sepanjang DAS Kali Sunter, seperti Kelapa Gading dan Cipinang.

 

"Sudah dimulai sejak pekan lalu dan ditargetkan selesai enam bulan lagi," jelas Jokowi sebagaimana dikutip Republika Online.

 

Jokowi pun menambahkan tidak sekedar menyerap dan menampung air hujan, dan akhirnya ditujukan mengurangi banjir di kawasan itu, pembangunan waduk juga akan di arahkan untuk membangun ruang terbuka hijau, seperti taman, joging track, dan tempat rekreasi untuk masyarakat.

 

“Adanya waduk ini untuk yang ada di kawasan Kelapa Gading, Sunter, Cipinang, Halim, Duren Sawit, Pulogadung. Pokoknya yang dilewati Kali Sunter," ungkap Jokowi.

 

Manggas Rudy Siahaan, Kepala Dinas  Pekerjaan Umum DKI yang ikut mendampingi Jokowi menyatakan bahwa. Pihaknya pada tahun ini akan membangun sembilan waduk baru di Jakarta, dan ketiga waduk yang di Cipayung ini menjadi bagiannya.

 

Siahaan menambahkan bahwa lahan untuk pembangunan waduk diperoleh dengan cara pembelian oleh Pemprov DKI, melalui harga yang disesuaikan dengan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP).  Jokowi pun memastikan pembelian tanah tersebut.

 

"Ini pembebasan lahannya sudah berikut sama pohonnya kan?" tanya Jokowi pada Siahaan menunjuk pada pohon rambutan di sekitar pembangunan waduk.

 

"Sudah pak," jawab Siahaan. "Oh, berarti ini rambutan APBD," balas Jokowi. ***Fey