Janji Jokowi Hilangkan Subsidi BBM secara Bertahap

Janji Jokowi Hilangkan Subsidi BBM secara Bertahap

Calon Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan menghilangkan subsidi BBM selama empat tahun jika dia menang pemilu pada Juli nanti. Demikian pernyataannya pada Jumat (02/05).


"Dalam empat tahun, subsidi BBM harus dihilangkan secara bertahap, langkah demi langkah, sampai hilang," kata Jokowi di sela-sela konferensi perencanaan pembangunan nasional

 

Subsidi bahan bakar, dimana pemerintah berpendapat banyak memberikan manfaat bagi orang kaya, memakan biaya negara sekitar $ 20 miliar per tahun dan memberikan tekanan pada defisit transaksi berjalan.

 

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menaikkan harga BBM tahun lalu, namun masalah ini sensitif secara politik dan mendapat perlawanan yang kuat dan demonstrasi dari beberapa pihak.

 

Analis telah memperingatkan bahwa defisit anggaran bisa mencapai batas yang mengikat secara hukum dari 3 persen dari produk domestik bruto jika pemerintah tidak menaikkan harga BBM tahun ini. Pemilihan presiden dilangsungkan pada 9 Juli tahun ini dan kemungkinan Jokowi akan menghadapi lawan terberatnya Prabowo Subianto, mantan jenderal yang menjadi Capres Partai Gerindra. ***int (Sumber: New Straits Times)