Jangan Tergesa-Gesa Menurkarkan Dollar Anda Dengan Rupiah, Kenapa ?

Jangan Tergesa-Gesa Menurkarkan Dollar Anda Dengan Rupiah, Kenapa ?

Bagi anda yang memiliki uang dollar, jangan terburu-buru menukarkan uang dollar anda dengan rupiah. Mengapa? Karena meskipun rupiah tengah mengalami pelemahan tajam, namun sejumlah pengamat investasi dan ekonom mengatakan bahwa, penguatan dollar masih akan terus berlanjut. Ini artinya, tahan dulu uang dollar anda jika ingin mendapatkan keuntungan yang maksimal.

 

Lalu sampai kapan kita harus menahan nya?, Jika anda tipe orang yang sedikit takut dengan resiko keuangan, tahan dollar anda setidaknya hingga awal atau pertengahan September nanti. Kenapa ? akhir bulan September nanti, Bank Sentral AS (the Fed) kemungkinan besar akan mengumumkan suku bunga acuan mereka. 

 

Dan selama masa tunggu ini, pasar keuangan akan terus bergejolak dan berbagai kemungkinan masih akan terus terjadi. Kemungkinan terbesarnya pula, rupiah masih akan terus mengalami penurunan karena minimnya sentiment positif dari dalam negeri.

 

Namun jika anda tipe orang yang cukup berani mengambil resiko keuangan, sebaiknya tahan dollar anda paling tidak hingga 2-3 tahun kedepan untuk mendapatkan keutungan yang lebih maskimal. Kenapa seperti itu?, jawabanya cukup simple, karena ekonomi AS masih akan mengalami pertumbuhan yang positif setelah bangkit dari pelemahan ekonominya beberapa waktu yang lalu.

 

"Di kuartal III kemungkinan naikkan Fed fund rate (suku bunga acuan the Fed). Terakhir kalimatnya kecil dan gradual, ini membuat ketidakpastian super dolar dua hingga tiga tahun ke depan," kata Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo.

 

Ditambah lagi ketidak pastian ini juga didukung oleh ekonomi China yang belum tentu membaik pada 2016. Bisa saja ekonomi China malah jauh lebih rendah dibanding tahun ini sehingga dollar justru akan semakin perkasa. Maka sebaiknya tahan dollar anda hingga dua atau tiga tahun kedepan. *** kny