Inilah Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia 2014

Inilah Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia 2014

Majalah ternama dunia Forbes, baru-baru ini merilis nama - nama orang terkaya di Indonesia 2014. Ada nama baru ada pula nama yang tersingkir dan nama yang tetap bertahan. Berikut ini daftar nama 10 orang terkaya di Indonesia. 

 

1. R. Budi & Michael Hartono, kekayaan US$16,5 miliar (Grup Djarum dan BCA). Posisi pertama masih ditempati oleh pemilik perusahaan rokok Djarum ini, sejak 2009 yang lalu. Kekayaannya bertambah, US$ 1 miliar berkat naiknya harga saham Bank Central Asia (BCA) hingga 50 persen dalam setahun terakhir.

 

2. Susilo Wonowidjojo & keluarga, kekayaan US$8 miliar (Gudang Garam). 

Susilo dan keluarga berhasil mengembalikan kekayaannya setelah dalam daftar tahun lalu sempat turun peringkat. Bos rokok Gudang Garam ini berhasil kembali meraih kekayaannya setelah saham Gudang Garam (GGRM) naik lebih dari 60% pada tahun ini.

 

3. Anthoni Salim dan keluarga, kekayaan US$5,9 miliar (Grup Salim).

Bos perusahaan Mie instan ini, berhasil mempertahankan posisinya meskipun jumlah kekayaannya menyusut US $ 400 juta pada tahun ini. Pemilik PT.Indofood Sukses Makmur ini tercatat memiliki bisnis lain di industri telekomunikasi, ritel, properti dan perbankan.

 

4. Eka Tjipta Widjaja & keluarga, US$5,8 miliar (Grup Sinar Mas).

Bos Sinar Mas ini mampu mengerek naik posisinya meskipun jumlah kekayaanya turun drastis dibandingkan tahun lalu yang mencapai US$ 7 miliar. 

 

5. Sri Prakash Lohia, US$4,4 miliar (Indorama, tekstil).

Pria kelahiran Kalkuta, India ini posisinya turun satu peringakat dari posisi sebelumnya. Dan kini bos Indorama tekstil ini menggeser posisi Chairul Tanjung diposisi ke lima.

 

6. Chairul Tanjung, US$4,3 miliar (CT corp).

Mantan Menteri koordinator perekonomian era presiden SBY ini, turun peringkat ke posisi enam. Meskipun secara jumlah kekayaan CT naik US$ 300 juta. Bos CT corp ini tetap tak mamp mempertahankan posisinya. 

 

7. Boenjamin Setiawan & keluarga, US$3,5 miliar (Kalbe Farma).

Bos perusahaan obat ini, merupakan penghuni baru di daftar 10 orang tekaya di Indonesia menggeser menggeser posisi Bachtiar Karim yang terjun bebas ke posisi 12. 

 

8. Mochtar Riady & keluarga, US$2,7 miliar (Grup Lippo).

Bos Lippo ini turun peringkat dari posisi enam pada daftar sebelumnya. Bos Lippo Group ini punya bisnis di banyak sektor, mulai dari perbankan, media, properti, dan rumah sakit. Bisnisnya sendiri dijalankan oleh dua anaknya, Stephen Riady dari Singapura dan James Riady di Indonesia. 

 

9. Peter Sondahk, US$2,3 miliar (Rajawali Corporation).

Pemilik Rajawali TV ini memiliki banyak bisnis di sektor lain seperti sektor pertambangan, perkebunan, hotel and transportasi.

 

10. Sukanto Tanoto, US$2,1 miliar (Royal Golden Eagle).

Di posisi terakhir terdapat Bos Asian Agri Sukanto Tanoto. Meskipun harga sawit tengah terjun bebas. Namun bos sawit ini masih mampu mempertahankan posisinya di sepuluh besar orang terkaya di Indonesia.  

 

*** kinaya (CNN,Bisnis)