Industri Musik Indonesia Diselamatkan Texas Chicken dan KFC

Industri Musik Indonesia Diselamatkan Texas Chicken dan KFC

Akses teknologi canggih yang makin meluas berdampak positif sekaligus negatif bagi industri musik di tanah air. Apa pasal? Selain memberi kemudahan bagi penyebaran karya-karya terbaru dari musisi Indonesia dan memberi kemudahan bagi masyarakat penikmat musik, pembajakan pun kian marak. Apalagi strategi pemberantasan pembajakan yang dilakukan pemerintah sampai saat ini belum terbukti efektif.

 

"Industri musik sudah hancur oleh pembajakan. Strategi pemerintah kini membentuk LMKN (Lembaga Manajemen Kolektif Nasional) yang bertugas memungut royalti (lagu) tapi ini bisa jadi mimpi buruk bagi industri karaoke, cafe, hotel, restoran dan tempat hiburan lainnya walaupun menjadi kabar baik bagi industri rekaman," ujar Direktur Operasional Bermuda Music Puji Adi Andaya di Jakarta pada Jumat (30/1). 

 

Ditambahkannya, bisnis yang dilakoninya dengan membuat produk bundling di restoran cepat saji pada kenyataannya justru lebih membantu meningkatkan penjualan CD para artis dan menekan angka pembajakan. Ia menuturkan sejauh ini kerjasama artis dan Texas Chicken yang diinisiasi oleh perusahaannya telah menelurkan 6 album dari 6 artis papan atas seperti: Ada Band, Andra and The Backbone, D'Masiv, Geisha dan Hijau Daun. 

 

"Ya industri musik kita terselamatkan oleh restoran cepat saji seperti Texas Chicken dan saya kira KFC juga melakukan hal yang sama," imbuh Puji yang akrab disapa Mas Pupud ini.

 

Senada dengan itu Direktur Utama CUAN Musik - PT. Cipta Usaha Andalan, Ryan S. Pitna mengatakan kerjasama pihaknya dengan artis dan KFC berjalan baik dan memberi keuntungan ke semua pihak mulai dari manajemen, label maupun KFC sendiri. 

 

"Kerjasama kami dengan Duo Maia dan Lyla penjualannya bagus-bagus. Kami sedang siapkan artis lain untuk bisa kerjasama eksklusif dengan KFC," ujarnya Kamis (29/1).

 

Sementara itu Rabu (29/1) artis Hijau Daun menggelar acara meet n greet di Texas Chicken Metropolitan Mall Bekasi. Acara seru-seruan yang diisi dengan tanya jawab fans, kuis dan foto bareng itu dilakukan dalam rangka promosi album baru "Cahaya Cinta". Sang Vocalis, Dide dan para personil satu demi satu menjawab pertanyaan Krolover, sebutan khusus fans Hijau, diselingi nyanyian dari album ketiga mereka seperti "Tunggu Aku Pulang" dan "Malaikat Pencabut Rindu".