Indonesia-Australia teken Kerjasama Ketahanan Pangan

Indonesia-Australia teken Kerjasama Ketahanan Pangan

Australia dan Indonesia pada hari Kamis (07/08) menandatangani deklarasi bersama untuk meresmikan kerangka acuan bagi kerjasama ketahanan pangan Indonesia-Australia dalam bidang ternak dan daging merah.

Menteri Pertanian Australia Barnaby Joyce, menandatangani deklarasi bersama rekannya dari Indonesia, ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Mahendra Siregar, mengatakan bahwa deklarasi tersebut menetapkan tujuan kolaboratif untuk kebersamaan Partnership Indonesia-Australia.

"Ini adalah tonggak yang sangat penting dalam pengembangan kemitraan pertanian jangka panjang dengan salah satu teman sewilayah terdekat dan mitra dagang kita," jelas Joyce dalam sebuah pernyataan sebagaimana dikutip dari Bernama (07/08).

"Pemerintah Australia kini berkomitmen untuk mewujudkan potensi dari hubungannya kita dengan Indonesia. Dan akan bertekad untuk melakukannya dengan benar. Tambah Joyce.

Joyce juga mengatakan bahwa perdagangan hasil pertanian dengan Indonesia sudah meningkat 13 persen tahun-ke-tahun sejak September tahun lalu.

Indonesia memang mengharapkan swasembada daging sapi. Dan Australia bersedia membantu niat Indonesia, dengan ikut berinvestasi sapi di Indonesia ke depannya.

"Apa yang kita sekarang ingin lakukan adalah membawa ini ke tahap berikutnya. Hubungan perdagangan dan investasi yang lebih kuat hanya dapat menguntungkan kedua negara," pungkas Joyce.***Fey (sumber Bernama)