IMF Nilai Portugal Layak Diutangi 1,24 Miliar USD

IMF Nilai Portugal Layak Diutangi 1,24 Miliar USD

Belum lama ini badan moneter dunia IMF baru saja menandatangani dana talangan untuk negara Portugal sebesar 910 juta euro atau setara US$ 1,24 miliar. Dana talangan tersebut disetujui setelah Portugal lolos uji kajian yang diberikan IMF.

 

Portugal yang saat ini sedang berjuang menyelesaikan tanggungan program penyelamatan Uni Eropa-IMF, seperti mendapat angin segar dengan bantuan IMF ini.

 

Batas waktu program penyelamatan Uni Eropa-IMF bagi Portugal adalah hingga bulan Mei tahun ini. Dan IMF menyatakan, semoga Portugal bisa mengejar tenggat dalam 3 bulan terakhir ini.

 

Wakil Direktur IMF, Nemat Shafik setelah persetujuan itu menyatakan bahwa, Portugal bisa bangkit dan IMF yakin itu.

 

Shafik juga menyatakan Portugal harus fokus pada konsolidasi fiskal. "Ini akan penting untuk menyelesaikan konsolidasi fiskal guna menempatkan utang publik secara kuat pada jalur penurunan," ungkapnya.

 

Hingga saat ini IMF sudah beberapa kali mengucurkan dana pada pemerintah Portugal dan yang terbaru sebesar 78 miliar euro.

 

Tren positif memang sedang terjadi di tubuh ekonomi Portugal. Indikasinya adalah dengan berhasilnya pemerintah mengumpulkan dana sebesar 3 miliar euro pasca melakukan restrukturisasi. Dana tersebut rencanya akan digunakan untuk membayar pasar utang komersial.

 

Shafik juga mengingatkan, saat ini yang dibutuhkan Portugal adalah tetap tenang dan kuat mempertahankan reformasi ekonominya. Ini adalah ujian terbesar bagi Portugal apakah bisa keluar dari masalah ekonominya atau tidak. [mjd]