IMF Harapkan The Fed Tak Tergesa-gesa Tarik Stimulus

IMF Harapkan The Fed Tak Tergesa-gesa Tarik Stimulus

Dana Moneter Internasional (IMF) berharap negara maju, termasuk Amerika Serikat menahan diri untuk tidak terburu-buru menarik kembali stimulus,  mengingat lemahnya pemulihan ekonomi global dan volatilitas pasar yang akan berresiko, utamanya di negara berkembang.

 

IMF sebagaimana dikutip CNBC (20/12), mengatakan ada ruang untuk saling koordinasi yang lebih baik dari rencana bank sentral negara maju dengan negara berkembang, sesuatu yang diharapkan menjadi kebijakan bersama berkaitan dengan rencana penarikan stimulus the Fed.

 

Dalam sebuah laporan yang disiapkan untuk pertemuan G20, staf IMF mengatakan prospek pertumbuhan global masih sama dengan penilaian terakhir pada Januari 2014, dengan pertumbuhan sekitar 3,75 persen yang terlihat tahun ini dan 4,0 persen pada tahun 2015.

 

Tapi ada risiko baru, termasuk inflasi yang sangat rendah di zona euro dan pasar negara berkembang, di mana dibutuhkan kebijakan ekonomi yang sehat dan nilai tukar fleksibel, untuk mengantisipasi pula cuaca yang tengah ekstrim akhir akhir ini.

 

"Arus Modal, kenaikan suku bunga, dan depresiasi mata uang yang tajam di negara berkembang tetap menjadi perhatian utama, dan upaya yang berkaitan dengan pengetatan kondisi keuangan melalui penarikan stimulus, bisa melemahkan investasi dan pertumbuhan di beberapa negara," tulis laporan itu, menjelang pertemuan para menteri keuangan G20 dan gubernur bank sentral di Sydney pada 22-23 Februari .

 

Beberapa pembuat kebijakan pasar negara berkembang menyalahkan tapering the Fed sebagai penyebab menurunnya kinerja pasar pada bulan Januari dan tahun lalu, ketika bank sentral AS tersebut menarik stimulus.

 

The Fed sendiri telah mulai memperlambat laju pembelian aset, yang telah dipangkas sampai menyisakan obligasi $ 65 miliar selama dua bulan terakhir .

 

"Dengan prospek membaik, sangatlah penting untuk menghindari penarikan dini kebijakan moneter, termasuk di Amerika Serikat," jelas IMF.***Fey