Hmm.. Jokowi Izinkan Asing Miliki Properti di Indonesia

Hmm.. Jokowi Izinkan Asing Miliki Properti di Indonesia

Kabar baik bagi industri properti, pasalnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya menyetujui permintaan pengusaha properti Real Estate Indonesia (REI) agar warga negara asing (WNA) bisa memiliki properti di Indonesia.

 

Persetujuan itu diungkapkan Staf Khusus Kepresidenan bidang komunikasi Teten Masduki. Menurut Teten, permintaan pengusaha properti yang tergabung dalam asosiasi Real Estate Indonesia (REI) itu bertujuan meningkatkan industri properti yang tengah lesu. Dampak dari kelesuan industri properti ini akan memberikan efek lanjutan di pertumbuhan sektor lainnya.

 

"Presiden menyetujui usul REI dengan memperbolehkan kepemilikan asing di bidang properti," kata Teten, Selasa (23/6) di Istana Negara, Jakarta.

 

Begitu juga Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang PS Brodjonegoro menegaskan, asing hanya boleh memiliki apartemen mewah. Sehingga, properti seperti rumah mewah disebut tidak termasuk dalam kebolehan tersebut.

 

"Pokoknya asing hanya boleh beli apartemen mewah. Hanya apartemen ya," ujar Bambang.

 

Selain itu, pengusaha properti juga harus tetap mengutamakan akses terhadap masyarakat pribumi. Jangan sampai, masyarakat lokal terpinggirkan dalam berburu properti dan kalah dari Warga Asing.

 

Bambang melanjutkan, peraturan ini tinggal menunggu terbitnya Kepres dari Presiden Jokowi saja. Karena secara internal presiden telah menyetujuinya, dan kini pihaknya tengah berkoordinasi dengan Menteri Koordinator Perekonomian agar penetapan kebijakan ini semakin mulus.

 

" Nanti kita tindak lanjuti dulu di Menko (Menteri Koordinator), sembari nunggu Keppres". tegasnya. *** kny (kontan, okezone)